Beri peringkat untuk posting ini

Bali adalah salah satu destinasi dunia yang begitu terkenal, baik buat wisatawan lokal bahkan mancanegara. Keindahan pulau ini memang sudah diakui dunia, menurut conde nast traveler tahun 2015 Bali telah dinobatkan sebagai pulau terindah di dunia. Mengunjungi bali selalu terkenal dengan tempat wisatanya yaitu ubud. Di dekat Ubud inilah terletak air terjun yang indah yaitu air terjun bidadari Ayung.

Lokasi Dan Akses

Air terjun Bidadari Ayung sendiri berlokasi di Desa Petang, kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Akses menuju Air terjun Bidadari Ayung dapat menggunakan transportasi umum dan pribadi. Lokasinya dekat dengan objek wisata ubud, sehingga untuk aksesnya pun tidak terlalu sulit.

Jika ditempuh dengan mengendarai mobil ataupun motor dari Kuta maupun Denpasar akan memakan waktu sekitar kurang lebih hampir 1 jam. Di sepanjang sungai Ayung itu terdapatlah Air Terjun Bidadari Ayung. Datang ke tempat ini bisa dengan sewa mobil dengan sopir di raskitatour.com.

Keistimewaan Air Terjun Bidadari Ayung

Banyak sekali keistimewaan yang ditawarkan air terjun ini. Selain lokasinya yang cukup dekat dengan ubud, keistimewaan ini juga menjadi daya tarik air terjun ayung. Berikut ini 5 keistimewaan Air Terjun Bidadari Ayung :

1. Pilihan Tempat Rafting Pemula

Berbicara air terjun bidadari ayung tentu terkenal dengan kegiatan arung jeramnya. Sungai Ayung adalah pilihan yang tepat untuk para rafting baik pemula maupun  level medium pecinta rafting (Rafter). Sungai Ayung merupakan Sungai terpanjang di bali dengan dengan melintasi 2 kabupaten Bangli dan Badung.

2. Air Terjun Tegak Lurus

Keistimewaan kedua yang dimiliki air terjun Bidadari Ayung ini adalah cara jatuhnya yang tegak lurus. Air terjun ayung adalah air terjun yang jatuh langsung ke permukaan sungai atau dapat disebut bahwa air terjun ini jatuhnya secara tegak lurus.

3. Jalan Setapak Yang Panjang

Untuk dapat mencapai air terjun bidadari ayung, para pengunjung harus melewati jalan yang cukup panjang. Jalan yang ditempuh dapat dikatakan cukup jauh dan juga nantinya akan melewati beberapa ratus anak tangga dalam kondisi yang bagus serta menuruni jurang. Cukup ekstrim memang, namun semuanya akan terbayar ketika tiba di tempat tujuan.

Lihat juga Destinasi lainnya Pantai Kelan

4. Anak Tangga Yang Mengulir

Selama perjalanan menuju Air Terjun Bidadari aAyung ini, pengunjung akan disajikan pesona pelancong keadaan alam yang sangat asri dan alami. Lebih unik lagi, perjalanan menuju tempat tersebut akan melalui tangga yang mengulir (memutar) supaya dapat sampai di dasar jurang untuk melihat air terjun dari jarak dekat.

5. Sumber Air PDAM

Ai terjun yang mengalir di sungai Ayung ternyata juga digunakan sebagai sumber air bersih. Warga kota denpasar dan badung sebagian besar memasok Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Bali yang bersumber di sungai ini.

Daftar Klasifikasi Level Kesulitan Sungai

Bagi yang ingin rafting di area air terjun bidadari ayung tidak perlu ragu. Namun sebelum melakukan aktivitas arung jeram sebaiknya ketahui terlebih dahulu level kesulitan arung jeram sungai. Berikut ini 6 level kesulitan sungai saat  rafting :

1. Level Sungai Tingkat I

Level tingkat 1 hanya diperlukan keahlian dasar saja. Untuk level ini digunakan dan sangat cocok untuk para pemula yang pertama kali mencoba arung jeram. Biasanya rider guide rafting level ini lebih banyak mengayuh dan mengarahkan raft selama di sungai Ayung.

 2. Level Sungai Tingkat II

Pada level ini hanya diperlukan keahlian dasar dalam mengayuh saja. Akan  tetapi terdapat batu besar di sungai serta keahlian manuver perahu juga diperlukan. Air Terjun Ayung masih dalam kategori sungai dengan tingkat kesulitan dua pada beberapa lokasi.

3. Level Sungai Tingkat III

Level ini memerlukan keahlian mengayuh ketika terdapat gelombang kecil, batu besar, serta saat terdapat terjun setinggi 4 meter. Untuk dapat mengikuti level yang ini III, peserta harus mendengar instruksi dengan jelas rider guide rafting.

4. Level Sungai Tingkat IV

Disini terdapat arus dan gelombang cukup besar, terdapat banyak batu besar, air terjun maksimum setinggi 6 meter, diperlukan keahlian manuver yang handal, bagi pemula harus mendengar instruksi jelas rider guide rafting tersebut.

5. Level Sungai Tingkat V

Di beberapa a akan ditemukan batu besar dalam jumlah banyak, arus dan juga gelombang keras, terjunan sangat tinggi. Diperlukan keahlian yang manuver tingkat ahli pada level ini, sehingga sangat tidak disarankan untuk pemula.

6. Level Sungai Tingkat VI

Level ini sangat berbahaya, walaupun professional jarang sekali-sekali mencoba rafting level ini Sungai Ayung. Perusahaan rafting juga tidak akan melakukan rafting di tingkat ini karena orang yang selamat di level ini adalah suatu keberuntungan.

lokasi Air Terjun Bidadari Ayung

Keunggulan Rafting Di Air Terjun Ayung

Sebelum melakukan arung jeram di lokasi ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu keunggulannya. Berikut ini 5 keunggulan arung jeram di air terjun Ayung :

1. Lokasi Sungai Dekat Dengan Tempat Wisata Ubud

Sebagian besar wisatawan memutuskan untuk menginap di Ubud ketika liburan di Bali. Kebanyakan lokasi ini disukai oleh wisatawan karena mudah untuk mencari tempat menginap serta memiliki pemandangan alam yang mempesona. Lokasi Air Terjun Bidadari Ayung menjadi salah tempat wisata terdekatnya. Jaraknya yang hanya  20 menit dari pusat wisata Ubud, menjadi hal yang pas untuk menikmati arung jeram di air terjung ayung.

 2. Cocok Untuk Anak & Pemula

Air terjun di sungai Ayung Ubud  memang sangat cocok untuk anak-anak yang ingin arung jeram di Bali. Sungai Ayung mempunyai tingkat kesulitan rendah. Anak-anak yang berusia 7 tahun juga dapat bergabung atau mengikuti aktivitas arung jeram di sungai Ayung. Selain cocok bagi anak-anak, rafting di sungai Ayung juga sangat pas bagi peserta pemula.

3. Keindahan Pemandangan Sungai Ayung

Air Terjun Bidadari Ayung menawarkan pemandangan yang indah & menakjubkan. Keindahan pemandangan tersebut terlihat dari hutan yang masih terjaga, serta ukiran pada di beberapa dinding batu di sungai Ayung. Dengan mengikuti arung jeram, kita juga dapat melihat keindahan pemandangan sungai Ayung dengan cara yang menakjubkan.

4. Aktivitas Rafting Bersifat Rekreasi

Jika dibandingkan antara rafting di sungai Ayung dengan rafting di sungai lainnya, sungai ayung tidak terlalu menantang. Sungai Ayung Ubud yang lebih pas untuk peserta yang menginginkan aktivitas rafting yang bersifat rekreasi dan santai.

5. Tersedia Aktivitas Raftng Di Sore Hari

Tidak semua sungai menyediakan aktivitas rafting di sore hari. Bagi yang menyukai aktivitas arung jeram saat sore hari, maka pilihannya adalah rafting di air terjun Ayung Ubud. Akan merasakan sensasi berbeda dengan rafting di sungai pada umumnya.