Air Terjun Nungnung, Wisata Alam Yang Menarik Untuk Dikunjungi
5 (100%) 1 vote

Air terjun nungnung merupakan salah satu tempat wisata alam di Bali yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata alam yang satu ini bisa digunakan sebagai alternatif bagi wisatawan yang menyukai tantangan dan sudah bosan berkunjung ke pantai di Bali. Selain itu, air terjun nungnung juga masih belum terlalu terjamah oleh sebagian besar wisatawan. Sehingga tempat ini cocok dipilih bagi wisatawan yang sedang mencari ketenangan dan kedamaian.

Lokasi Air Terjun Nungnung

Air terjun nungnung berlokasi di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Tempat wisata ini memiliki jarak sekitar 50 km dari Kota Denpasar. Lebih akuratnya, wisatawan bisa menggunakan peta untuk menemukan lokasi air terjun ini. Wisatawan yang berkunjung ke air terjun nungnung akan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar sepanjang perjalanan menuju ke tempat ini.

Cara Menuju Air Terjun Nungnung

Wisata Alam Air Terjun Nungnung

Menuju ke air terjun nungnung dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan sewa mobil di Bali. Banyak rute menuju ke air terjun nungnung, salah satunya dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

Dari bandar udara ini wisatawan bisa menuju ke Jalan By Pass Ngurah Rai kemudian melewati Jalan Sunset Road, Jalan Imam Bonjol, Jalan Mahendradatta, Jalan Cargo Permai, Jalan Gusti Ngurah Rai, Jalan Majapahit/Jalan Petang/Jalan Raya Puncak Mangu di Petang.

Jika wisatawan memulai rutenya dari Kota Denpasar, maka wisatawan harus menuju ke Sangeh yang berjarak sekitar 20 km. Setelah itu, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju ke daerah Petang hingga sampai di Desa Nungnung. Kemudian, wisatawan akan bertemu dengan pertigaan dengan plang besar di sebelah kanan jalan bertuliskan “Nungnung Waterfall”.

Sesampainya di pertigaan tersebut, wisatawan harus berbelok ke kanan. Sekitar 500 meter kemudian, wisatawan akan tiba di tempat parkir air terjun nungnung. Namun, perjalanan wisatawan masih belum selesai sampai disitu. Wisatawan yang ingin mencapai dasar air terjun harus menuruni ratusan anak tangga dengan jarak sekitar 2 km atau memakan waktu sekitar 15 menit.

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas Air Terjun Nungnung

Wisatawan yang hendak masuk dan berkunjung ke air terjun nungnung harus menyediakan uang sekitar 7.500 rupiah per orangnya. Harga tiket termasuk murah dan masih bisa di jangkau oleh setiap wisatawan.

Pengelola tempat wisata air terjun nungnung telah menyediakan berbagai macam fasilitas guna menjaga kenyamanan dari wisatawan. Beberapa fasilitas yang disediakan disini adalah rest area yang berupa gazebo (bale bengong) di sepanjang perjalanan jalur menuju air terjun, toilet, dan juga area tempat parkir.

Daya Tarik Air Terjun Nungnung

Air terjun nungnung merupakan salah satu tempat wisata alam di Bali yang masih memiliki suasana yang alami dan indah. Ditambah lagi tempat ini jarang dijamah oleh banyak orang, sehingga menghadirkan kesan yang damai saat berkunjung kesini. Air terjun nungnung memiliki berbagai macam hal menarik untuk dikunjungi. Beberapa daya tarik air terjun nungnung diantaranya sebagai berikut :

1. Dikenal Sebagai Air Terjun Tertinggi Di Bali

Salah satu daya tarik air terjun nungnung yang bisa membuat para pecinta alam mengunjungi tempat ini adalah label tentang air terjun tertinggi di Bali. Air terjun nungnung memiliki ketinggian mencapai 50 meter. Selain itu, air terjun ini juga dikenal memiliki debit air yang sangat tinggi melebihi kondisi air terjun gitgit.

2. Kondisi Suhu Sekitar Yang Cukup Dingin

Air terjun nungnung memiliki kondisi suhu sekitar yang cukup dingin.  Hal tersebut dapat diakibatkan karena kondisi lokasi air terjun yang berada pada ketinggian 900 meter diatas permukaan air laut (mdpl). Meskipun demikian, tempat ini tetap memiliki keindahan dan kesejukan, utamanya berasal dari deburan air yang ada di air terjun.

3. Pesona Pemandangan Alam Yang Begitu Indah

Wisatawan yang berkunjung ke air terjun nungnung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Apalagi jika wisatawan datang ke tempat ini ketika sang surya menyinari deburan air yang berasal dari air terjun.Wisatawan yang berkunjung kesini akan merasakan hawa ketenangan dikarenakan lokasi wisata yang berada di pedesaan dan jauh dari perkotaan.

Di tempat ini, wisatawan akan dimanjakan dengan pesona alam bernuansa hijau yang berasal dari berbagai macam pepohonan rindang dan juga tanaman paku-pakuan. Wisatawan juga bisa menikmati kedamaian dari suara gemericik air terjun yang menghantam bebatuan. Selain itu, wisatawan dihadirkan dengan pemandangan kabut tebal di sekitar air terjun tersebut.

4. Wisata Alam Instagramable Yang Tersembunyi

Dikarenakan pemandangan sekitar air terjun nungnung yang sangat indah, maka tempat ini bisa dijadikan spot foto instagramable. Namun, untuk mencapai tempat ini pun harus penuh dengan rintangan dan tantangan. Diperlukan persiapan fisik dan tekad yang kuat agar bisa sampai di tempat wisata yang tersembunyi ini.

Air terjun nungnung berada di dasar lembah yang cukup curam dengan tingkat kemiringan mencapai 50 hingga 60 derajat. Wisatawan yang ingin mengabadikan momen indah di air terjun ini harus berjuang melewati ratusan anak tangga yang terbuat dari beton. Meskipun demikian, jalur menuju air terjun nungnung cukup bersahabat bagi para petualang.

5. Tempat Wisata Dengan Jalur Trekking Yang Menantang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa air terjun ini berada di dasar lembah yang curam, maka untuk menuju ke tempat ini pun harus dilakukan dengan melewati jalur trekking yang menantang. Oleh karenanya, tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk wisatawan yang suka dengan olahraga berbau pendakian.

Sebelum tiba di lokasi air terjun, wisatawan dihadapkan dengan jembatan tinggi yang bernama jembatan tukad bangkung. Diatas jembatan ini, wisatawan bisa melihat berbagai macam keindahan pemandangan lembah hijau dan juga bukit yang mengelilingi areal pesawahan. Sehingga, wisatawan tidak akan sia-sia berkunjung ke tempat ini karena segala rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan tempat ini.

Tips Berkunjung Ke Air Terjun Nungnung

Air Terjun Nungnung Bali

Mengingat kondisi letak air terjun yang berada di dasar lembah dan membutuhkan kesungguhan dari wisatawan yang mengunjunginya. Oleh karenanya terdapat beberapa tips yang diberikan untuk wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat wisata ini. Diantara beberapa tips yang bisa diberikan adalah sebagai berikut :

1. Selalu Memperhatikan Keselamatan Diri

Keselamatan diri merupakan hal yang sangat penting untuk siapa saja yang akan berkunjung ke tempat ini. Wisatawan diharapkan berhati-hati ketika melewati jalur menuju air terjun nungnung. Hal tersebut disebabkan karena ada beberapa area jalan yang licin akibat lumut. Sehingga, wisatawan diharapkan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasinya.

2. Membawa Baju Ganti Yang Cukup

Kecamatan Petang di Bali ini merupakan daerah yang hampir di guyur hujan setiap harinya. Oleh karenanya, wisatawan disarankan untuk membawa baju ganti kering dan bersih yang cukup. Selain itu, wisatawan juga disarankan untuk memakai sepatu khusus trekking yang tidak licin dan membawa jas hujan.

3. Jangan Terlalu Terburu-Buru Saat Sampai Di Lokasi

Wisatawan disarankan untuk tidak terburu-buru ketika sampai di lokasi air terjun. Hal itu dikarenakan, wisatawan harus berpikir secara cermat dan menyiapkan stamina untuk kembali ke atas.

4. Membawa Bekal Yang Cukup

Dikarenakan perjalanan turun dan naik di lokasi air terjun nungnung, maka wisatawan juga disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Hal tersebut dilakukan supaya wisatawan tidak kehabisan stamina selama perjalanan menuju air terjun serta perjalanan pulang dari air terjun.

Demikian beberapa ulasan terkait air terjun nungnung. Sebelum berwisata ke tempat ini, wisatawan disarankan untuk menjaga kesehatan diri dan menyiapkan stamina yang fit. Sehingga, perjalanan Anda tidak terganggu dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu penyebab kelelahan salah satunya karena sudah letih memikirkan penginapan, rute dan juga tempat makan.

Nah agar anda terhindar dari semua itu sebaiknya gunakan paket wisata Bali 2 hari 1 malam yang miliki oleh raskitour.com, dengan paket ini anda tinggal duduk manis dan semua keperluan seperti penginapan, makan, juga destinasi liburan yang akan di tuju semua sudah di dalam satu paket.