Bali Paragliding Tandem Flight adalah salah satu pulau yang menawarkan sejuta keeksotisannya yang tak dapat ditolak. Jika berkunjung ke Bali hanya melakukan olahraga surfing saja, cobalah waterspot yang satu ini yaitu Paragliding. Sebuah kegiatan yang menantang dan menikmati keindahan pulau bali dengan lebih menyenangkan. Banyak pantai dan tempat wisata lainnya di Bali yang menawarkan kegiatan paragliding. Satu yang perlu dicoba yaitu Bali Paragliding Tandem Flight merupakan kegiatan untuk menikmati keindahan laut timbis dengan terbang di atas permukaan laut.

Lokasi Dan Akses Bali Paragliding Tandem Flight

Bali paragliding Tandem Flight ini terletak di Pantai Timbis Bali di Kuta Selatan Badung Bali. Tepatnya di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, membuat pantai timbis dikunjungi banyak wisatawan yang gemar mencoba aktivitas paragliding tandem flight ini.

Akses jalan menuju Pantai Timbis ini juga tidak terlalu sulit. Hanya perlu menempuh jarak sekitar 30 km dari Bandara Ngurah Rai mengarah ke Kuta Selatan yaitu menuju ke kawasan Desa Kutuh yang berada di area Badung Regency. Atau hanya sekitar kurang lebih 15 kilometer dari tempat wisata Kuta dan berjarak 7 kilometer jika ditempuh dari Nusa Dua .

Sarana Transportasi Bali Paragliding Tandem Flight

Untuk dapat tiba di paragliding pantai timbis bali, dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil atau motor pribadi maupun kendaraan umum yang beredar di sekitar tempat wisata. Namun, pada dasarnya menggunakan kendaraan pribadi akan lebih mudah dan tidak terlalu repot.

Jika ingin menggunakan kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan umum lainnya dapat berhenti di terminal bus kota Kuta Selatan. Kemudian, melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek menuju Desa Kutuh lalu akan tiba di lokasi Wisata Paragliding Tandem Flight Pantai Timbis Bali di Kuta Selatan Badung. Lebih mudahnya rental mobil bali lepas kunci dengan supir yang dimiliki oleh raskitatour.com.

Keindahan Terbang Dengan Bali Paragliding Tandem Flight

Bukit Timbis menjadi lokasi favorit wisatawan yang ingin merasakan tantanagn olahraga yang menantang yaitu paraglidng tandem flight. Tidak hanya terbang biasa, dari atas langit tentu akan merasakan sensasi yang berbeda, berikut ini, 7 keindahan saat berada di Bali Paragliding Tandem Flight :

1. Keindahan Yang Mempesona

Wisata Paragliding Pantai Timbis Bali di Kuta Selatan Badung Bali merupakan tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi karena pesona keindahannya yang tiada duanya. Keindahan pantai biru dengan pasir putih menjadi daya tarik siapa saja yang berkunjung kesana.

Bukti Timbis bukan hanya tempat ideal untuk berlibur dan olahraga. Pasalnya, wisatawan akan disajikan sensasi mendebarkan oleh paragliding dengang pemandangan bukit ini beserta keindahan alam Pantai Timbis dan hijaunya perbukitan di kanan dan kiri. Sungguh sajian yang sempurna.

2. Keramahan Para Penduduk Dan Petani

Selain keindahan yang dimiliki, tempat wisata ini juga kental dengan penduduk lokal daerah Badung yang sangat ramah tamah terhadap para wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga tak segan, para penduduk dan wisatawan saling bertegur sapa.

Tak hanya itu saja, beberapa petak sawah milik petani juga  akan terlihat sangat memesona. Tampak pula beberapa deretan bangunan vila di tebing batu yang mengarah Uluwatu dan Sawangan ataupun Nusa Dua. Sebuah pemandangan yang sangat sulit untuk dijumpai di tempat lain.

3. Kecantikan Pura Dari Atas Langit

Begitu pula, bangunan khas bali yaitu pura. Dari atas paragliding, wisatawan akan melihat pemandangan cantik yang tampak dari atas. Sebuah Pura Geger terlihat di arah timur Nusa Dua, lalu sebuah Pura Barong-barongan yang berada di Desa Sawangan, kemudian Pura Melang Kelod, Pura Penyekjekan, Pura Gunung Payung, dan terakhir adalah Pura Penyarikan. Semua Pura itu di Desa Kutuh, tepatnya di wilayah Ungasan juga akan terlihat Pura Batu Pageh.

Kunjungi Objek Menarik lainnya di Bali : Pantai Kelan

Saat  melintas di atas pura, jangan terlalu dekat ke daratan atau terbang persis di atas pura. Hal tersebut akan menimbulkan perhatian. Sehingga akan mengganggu kenyamanan para umat Hindu yang tengah melakukan ritual beribadah di dalam pura.

Tips Terbang Dengan Bali Paragliding Tandem Flight

Melakukan Paragliding di Bali tentu tidak terbilang mudah, perlu konsep dan teknik. Menopang tubuh dengan parasut di atasnya, terkadang membuat para peserta kewalahan. Berikut ini 5 tips yang perlu diketahui sebelum melakukan para bali paragliding tandem flight :

1. Pahami Cara Mengendalikan Parasut

Sebelum badan dikaitkan dengan parasut, instruktur paragliding akan memberitahukan kepada tentang cara mengendalikan parasut. Tali parasut sebelah kiri dan sebelah kanan akan di tandai berupa warna yang berbeda. Setelah terbang dalam satu putaran, lalu peserta akan kembali dan mendekati pantai. Instruktur akan memberikan aba-aba dari bawah dengan menggunakan loud speaker akan menginstruksikan kepada peserta, tali mana yang ditarik.

Intrukstur mengarahkan supaya peserta tetap mendarat di tepi. Namun, jika peserta ternyata tetap mendarat di air, maka jaket pelampung yang telah digunakan sebelumnya akan membantu untuk terapung di atas air. Peserta tidak akan tenggelam walaupun tidak dapat tidak dapat berenang.

2. Perhatikan Cuaca

Melakukan paragliding tandem flight kami rangkum pada pilihan paket wisata bali 4 hari 3 malam merupakan aktivitas wisata petualangan yang cukup berisiko, karena anda melawan gravitasi bumi. Meskipun operator penyedia aktivitas paragliding telah berpengalaman dan juga terlatih, namun untuk dapat memastikan keselamatan peserta, diharapkan tetap hati-hati dan waspada terhadap segala resiko dari aktivitas paragliding ini.

Tips selanjutnya yang tidak boleh dianggap remeh adalah terkait cuaca. Diharapkan peserta dan instruktur saling mengingatkan jika cuaca tidak mendukung, tidak melakukan kegiatan paragliding ini. Operator juga sangat memperhatikan faktor cuaca dan akan membatalkan aktivitas paragliding, jika cuaca tidak mendukung, meskipun telah memesan sebelumnya.

3. Batasan Umur Peserta Parasailing

Batasan umur peserta yang ingin mengikuti aktivitas Bali Paragliding Tandem Flight ini sebenarnya tidak ada. Hanya saja untuk keperluan asuransi yang akan membatasi umur, minimum berusia 10 tahun dan maksimum berusia 65 tahun. Yang menjadi patokan oleh instruktur yaitu maksimum berat badan peserta seberat  80 kilogram.

Jangan lewatkan, jika Anda masih di bali kunjungi juga tempat wisata favorit lainnya: Air Terjun Sulangai

Tetapi jika terdapat anak-anak berusia kurang dari 10 tahun dan ingin mengikuti kegiatan paragliding tetap diperbolehkan. Namun dengan syarat tidak boleh sendirian, harus ditemani oleh instruktur. Hal ini tentu demi keamanan peserta saat terbang di angkasa, karena rawan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Hindari Alkohol

Tips selanjutnya yang perlu diketahui untuk para peserta yang ingin melakukan aktivitas paragliding yaitu harus menghindari minum alkohol sebelum melakukan aktivitas.  Jika peserta sedang dalam pengaruh alkohol, tidak disarankan mengikuti aktivitas paragliding. Karena peserta sendiri yang harus mengemudikan arah paragliding dengan mengikuti perintah instruktur dari bawah daratan.

5. Makan Secukupnya

Terakhir yang perlu diperhatikan saat melakukan paragliding yaitu kebutuhan energi. Peserta yang akan melakukan aktivitas paragliding, usahakan 2 jam sebelumnya telah makan namun tidak makan terlalu kenyang. Karena pada saat melakukan terbang, ada perubahan gaya gravitasi sebesar 2G. Jika perut dalam keadaan kenyang, kemungkinan besar akan muntah, sehingga makanlah secukupnya saja.