Beri peringkat untuk posting ini

Satu oleh-oleh khas yang dibawa dari para pelancong yang pernah mengunjungi Pulau Dewata adalah souvenir yang diproduksi oleh Joger Kuta. Sejak didirikan pada 1981 silam, Joger telah sukses menjadi satu persinggahan wajib yang harus dikunjungi jika datang ke Bali.

Terlebih dengan sistem penjualan eksklusif, di mana barang-barang produksi Joger hanya bisa dibeli di toko Joger. Untuk ke tempat ini sebaiknya gunakan paket wisata Bali 2 hari 1 malam yang dimiliki raskitatour.com, karena dengan paket ini selain datang ke souvenir Kuta juga bisa mengunjungi destinasi lainnya.

Sejarah Joger

Joger Kuta adalah toko Joger pertama yang dipindahkan dari Jalan Sulawesi ke Jalan Raya Kuta pada 1987, karenanya terkenal sebagai Joger Kuta. Nama Joger sendiri merupakan gabungan antara nama pemilik Joger dengan nama sahabatnya. Joseph Theodorus Wulianadi (pemilik Joger) dan Gerald Seeger (sahabatnya), disingkat menjadi Joger (Jo dari Joseph dan Ger dari Gerald).

Singkatan dari nama Gerald Seeger diikutsertakan dalam penamaan usahanya ini, karena uang hadiah pernikahan dari Gerald lah yang menjadi modal awal dalam membuka usaha. Cukup aneh menamai sebuah toko dengan Joger, namun Joseph yang asli kelahiran Denpasar menginginkan nama tokonya lain dari yang lain. Ditambah lagi, jiwa seniman Joseph melarangnya untuk menjadi biasa-biasa saja.

Terkenal sebagai Joger Bali, banyak peluang berdatangan untuk mengembangkan bisnis. Namun Joseph ingin tetap pada niat awalnya semula, menjadi seniman sekaligus pengusaha serta pengusaha yang seniman. Karenanya dengan jargon Pabrik Kata-Kata Joger, produk-produk Joger hanya bisa diperoleh di toko Joger saja.

Informasi Tentang Joger Yang Bisa Diketahui

Sebagai workshop utama Joger Kuta diberi tagline sebagai Pabrik Kata-Kata Joger. Desain Joger sangat terkenal dan menjadi oleh-oleh wajib bagi siapa saja yang datang ke Bali. Meski denan harga yang relatif sedikit lebih mahal dibandingkan di tempat lain, akan tetapi tetap tak tergantikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang Joger:

1. Sisi Unik yang Hanya Bisa Ditemukan di Joger

Ciri khas dari desain produk Joger Kuta adalah kata-kata yang sedikit nyeleneh dan bernada menyindir. Seolah ingin menunjukkan bahwa sang pemilik adalah seorang seniman yang aktif mengeluarkan ide-ide brilian dan peka akan apa yang tengah terjadi pada negerinya. Yang paling terkenal adalah tulisan Joger Jelek dan credit title berupa ‘diproduksi oleh Pabrik Kata-Kata Joger’ atau ‘asli bikinan Pabrik Kata-Kata Joger’.

2. Souvenir Khas Joger

Banyak sekali jenis barang yang diproduksi oleh Joger, seperti kaos, sandal, cangkir, tas, celana, gantungan kunci, sepatu, dan sebagainya. Namun yang paling terkenal adalah kaos dan menjadi item dengan penjualan terlaris. Selain itu, karena dikelola oleh seorang seniman, desain barang yang diproduksi pun terus mengalami inovasi.

Lihat juga destinasi lainnya: Pantai Suluban

3. Kelebihan Souvenir dari Joger

Satu kelebihan souvenir yang diproduksi oleh Joger Kuta adalah jumlahnya yang terbatas alias limited edition. Karena hanya diproduksi untuk diperjualbelikan di toko milik sendiri, maka jumlah produksi pun tidak begitu besar. Seolah merupakan bentuk jaminan dari seorang seniman bahwa karyanya tidak memiliki banyak duplikat.

4. Diskon 10% Bagi yang Berulang Tahun

Jika bekunjung ke Bali pada saat hari ulang tahun dan kebetulan berulang tahun, bersiap-siaplah mendapatkan diskon potongan 10% dari harga total belanjaan. Caranya, tunjukkan saja KTP sebagai bukti bahwa hari itu adalah benar hari lahir pada petugas kasir. Maka otomatis, total harga yang harus dibayar akan dikurangi.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Berbelanja di Joger

Sebagai sebuah toko yang eksklusif nan terkenal, biasanya banyak pengunjung yang datang ke Joger setiap harinya. Khususnya saat mendekati waktu buka dan waktu tutup toko. Karenanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika berbelanja di Joger, di antaranya yaitu:

1. Pastikan Ada Anggaran Lebih

Harga barang-barang souvenir di Joger Kuta sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan toko souvenir lain. Ini disebabkan karena produk merupakan asli buatan seniman untuk Joger dengan desain yang terbatas. Konsep limited edition dan one of a kind inilah yang mungkin membuat harga barang lebih mahal dibandingkan dengan toko lainnya.

2. Periksa Ulang Ukuran

Barang yang diproduksi Joger memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan ukuran pada umumnya. Oleh karena itu, jangan tertipu dengan ukuran XL, L, M, atau S yang ada dan pastikan ukurannya kembali. Tidak perlu malu untuk mencoba, terutama jika membeli souvenir berupa kaos. Lebih baik repot saat membeli daripada salah ukuran.

3. WIJO

Joger memberlakukan Waktu Indonesia Bagian Joger alias WIJO, jadi suka-suka pegawai toko Joger kapan akan membuka dan/atau menutup toko. Meski tertera bahwa waktu buka toko adalah dari jam 10 pagi sampai jam 8 malam. Tapi seringkali toko baru dibuka setelah lewat jam 10 pagi bahkan bisa hampir mendekati jam 11 siang. Sementara waktu tutup lebih sering menyesuaikan dengan pengunjung toko yang masih tersisa.

4. Selalu Berhati-hati

Saking ramainya toko Joger Kuta, pastikan untuk selalu berhati-hati dan waspada. Genggam erat dompet di tangan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan. Juga sebaiknya tidak membawa tas yang terlalu besar saat masuk, karena toh akan diminta untuk dititipkan di loket penitipan barang sebelum memasuki toko.

5. Dilarang Membeli dalam Partai Besar

Karena eksklusifitas yang terus dijaga Joger Kuta, tidak dianjurkan untuk berbelanja dalam jumlah besar. Ditakutkan barang-barang tersebut akan diperdagangkan ulang di luar toko Joger. Jadi jangan panik jika membeli lebih dari 12 barang (sejenis atau tidak) dan ditanyai oleh pegawai di sana, untuk apa barang sebanyak itu.

6. Hukuman Sosial Bagi Pencuri

Semua agama yang ada di dunia ini tidak ada yang menghalalkan pencurian, demikian halnya di toko Joger Kuta. Bagi yang ketahuan mencuri (hampir selalu ketahuan) akan dipaksa untuk membayar barang hingga dua kali lipat dari harga yang berlaku. Selain itu juga diwajibkan untuk meminta maaf kepada semua orang yang ada di sana dengan kedua tangan diborgol hingga waktu tutup toko.

Lokasi Joger Kuta dan Jam Buka Toko

Toko Joger Kuta terletak di Jalan Raya Kuta, Kuta, Denpasar, Bali (tanpa nomor) dengan dengan supermarket Supernova. Terletak sekitar 1,3 kilometer dari salah satu obyek wisata terkenal di Bali, yaitu Pantai Kuta. Meski telah menyediakan lokasi parkir yang luas, namun karena ramainya jumlah pengunjung, tempat parkir pun seringkali penuh. Khususnya pada saat liburan sekolah.

Tertulis toko buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 8 malam. Akan tetapi tak jarang toko akan dibuka lebih siang dan ditutup lebih malam. Tapi untuk amannya, sebaiknya mengunjungi toko Joger Kuta pada saat waktu buka sesuai yang tertera.

Selain Joger Kuta, Joger kini telah membuka Joger Luwus Bedugul, toko cabang yang terletak di Jalan Mekarsari No. 16, Luwus, Baturiti, Bedugul, Bali. Jalan ini merupakan akses menuju ke Obyek Wisata Bedugul Kebun Raya Bali. Berbeda dengan Joger Kuta, Joger Luwus Bedugul sudah ditutup pada jam 6 sore.

Joger Kuta telah berhasil menjadi salah satu ikon khas dari Bali dan menjadi lokasi yang wajib dikunjungi. Seolah memberikan pelajaran bahwa menjadi eksklusif dan tidak terjebak dengan jiwa pengusaha yang harus memproduksi dalam skala besar pun tidak masalah. Asalkan serius menggeluti usaha dan tidak mengenal kata menyerah.