Beri peringkat untuk posting ini

Tidak salah jika mengatakan bahwa bali adalah surga dunia. Selain keindahan alam yang telah tersohor hingga mancanegara. Tapi, jika anda bosan berlibur di pantai yang terkadang panas dan melelahkan. Bali juga memiliki wahana wisata lainnya seperti museum. Salah satunya adalah Museum Becak Indonesia. Sebuah museum yang menjadikan becak sebagai icon utamanya.

Sebagaimana anda tahu, hal ini tentu sangat berbeda bila dibandingkan dengan museum-museum lainnya. Bagi anda yang tertarik mengunjungi Museum Becak Indonesia, dibawah ini akan disajikan rangkaian informasi yang dapat dijadikan bahan referensi untuk memantapkan pilihan mengapa harus harus berkunjung ke museum tersebut.

Sekilas Mengenai Museum Becak Indonesia

Becak adalah sebuah moda transportasi yang mengandalkan manusia sebagai motor penggeraknya. Disamping itu, transportasi yang satu ini termasuk dalam kategori transportasi tradisional dan ramah lingkungan. Memiliki bentuk klasik, unik dan mudah diingat.

Musem Becak Indonesia adalah sebuah museum yang berdiri atas dasar keinginan sang Pemilik yaitu Arwan Tjahjadi dan Fientje Tjahjadi untuk tetap mempertahankan eksistensi becak agar generasi mendatang dapat terus melihat becak dengan nyata. Bukan hanya sekedar gambar maupun replika. Seperti anda tahu bahwa becak sudah mulai tergerus oleh jaman dan mulai jarang terlihat.

Sejarah Museum Becak Indonesia

Setelah anda membaca sekilas mengenai Museum Becak Indonesia. Setidaknya anda harus mengetahui sekilas mengenai sejarah becak untuk lebih memantapkan pilihan. Sejarah becak sendiri katanya berasal dari jepang. Konon katanya pria amerika yang berstatus sebagai pembantu di kedutaan amerika serikat di Jepang ingin menikmati kota Yokohama bersama istrinya.

Museum Becak Indonesia

Kemudian beliau membuat kereta kecil dengan manusia sebagai penggeraknya. Warga jepang mengenalnya jinrikisha. Dari situlah mulai berkembang hingga kini menjadi becak di kenal luas oleh dunia.

Lokasi Museum Becak Indonesia

Jika anda merencanakan liburan ke Museum Becak Indonesia, pastikan sudah mengetahui alamat lengkap untuk mempermudah dan mempermudah wisata anda. Lokasi Museum Becak Indonesia ada di Jalan Mertanadi Kompleks Pertokoan Sunset Paradise No. 169 Kuta Bali. Museum berada dalam satu lokasi dengan Hotel Losari Sunset Bali. Untuk ke tempat ini pilihan terbaik bisa dengan sewa mobil di Bali bersama raskitatour.com.

Koleksi Becak Yang Ada Di Museum Becak Indonesia

Ada sebanyak 14 buah koleksi becak yang ada di Museum Becak Indonesia. Becak tersebut dikumpulkan dengan penuh tantangan dan rintangan. Bukan hanya itu saja, nilai semangat dan perjuangan akan menjadi daya tarik tersendiri.  Setelah mengetahui koleksi dari Museum, tentunya anda akan semakin penasaran. Berikut ini adalah koleksi-koleksi becak  yang ada di museum :

1. Becak Makasar

Koleksi becak Makasar ini adalah pemberian seorang yang berprofesi sebagai penarik becak di halaman Losari Beach Hotel. Beliau adalah Bapak Daeng. Becak  tersebut sengaja di berikan  sebagai koleksi untuk memberikan kesempatan kepada generasi mendatang agar tetap dapat melihat secara langsung bagaimana bentuk dan ukuran Becak Makasar.

Becak Makasar memiliki ukuran dan bentuk yang sedikit berbeda dengan becak jawa pada umumnya. Untuk Becak Makasar memiliki ukuran lebih kecil dan bentuknya yang menyerupai kotak dengan sudut-sudut persegi yang tajam. Pada bagian depannya memiliki papan pemisah dengan bagian luar agak sedikit rendah.

2. Becak Surabaya

Koleksi becak surabaya Museum Becak Indonesia didapat dari seorang tukang becak bernama Bapak Suparman. Dimana beliau telah menekuni profesi becak selama puluhan tahun. Becak Surabaya sendiri diperoleh pada awal tahun 2012.

3. Becak Pekalongan

Koleksi becak Pekalongan ini didapat dari seorang pembecak bernama Bapak Hendro. Dimana becak tersebut dijual sebagai tambahan keperluan wisuda anaknya yang ada di Surabaya.

Lihat juga objek menarik lainnya: Pantai Pemutih

Becak Pekalongan tidak jauh berbeda dengan becak jawa pada umumnya. Namun tetap memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya memiliki ciri khas. Bagian depan samping kabin becak terdapat besi yang menjorok ke depan sekitar 30 cm. Selain itu, becak Pekalongan memiliki area tempat duduk yang lebih luas jika dibandingkan dengan becak lainnya.

4. Becak Ambon

Becak Ambon berasal dari kota Ambon yang merupakan kota yang berada paling ujung timur indonesia. Koleksi becak Ambon diperoleh dari seorang yang bernama Bapak John. Museum Becak Indonesia sendiri mendapatkannya pada April 2012 dengan sedikit kerumitan dan tantangan. Dimana becak tersebut harus mengalami kerusakan dan mengalami perbaikan tanpa mengurangi esensinya.

5. Becak Semarang

Koleksi becak semarang diperoleh dari seorang juragan becak yang bernama Bapak Suratman. Dari becak tersebut, beliau berhasil menyekolahkan anak-anaknya hingga perguruan tinggi.

6. Becak Yogyakarta

Koleksi becak yogyakarta ini didapat dari seorang yang bernama Bapak Solihin. Becak yogyakarta sendiri tidak jauh berbeda dengan becak lainnya. Hanya saja kabin bagi penumpang sedikit lebih luas dan pijakan kaki yang terbuka ke depan.

7. Becak SMK Yogyakarta

Becak SMK Yogyakarta merupakan hasil karya terampil anak-anak SMK Yogyakarta. Struktur bodi yang kekar membuatnya nampak menarik. Becak SMK Yogyakarta berhasil menghiasi kota yogyakarta yang dikenal dengan nama Becak SMK.

8. Becak Anak-Anak

Sejarah becak anak-anak koleksi Museum Becak Indonesia berawal dari kreatifitas seorang ayah yang ingin memberikan sensasi liburan berbeda kepada anak-anaknya. Beliau adalah Bapak Handoyo. Becak anak-anak sendiri diperoleh Museum Becak Indonesia pada penghujung Tahun 2011.

Keunikan Museum Becak Indonesia

Setidaknya ada 5 keunikan yang ada pada museum yang satu ini. Apa saja keunikan-keunikan tersebut?. Berikut ini adalah keunikannya :

1. Hanya Ada Satu Di Dunia

Becak adalah moda transportasi yang sudah mulai tergerus oleh jaman. Dimana kini sudah sangat jarang terlihat. Walaupun ada, hanya tersisa segelintir saja. Museum ini mencoba memberikan andil dalam mempertahankan eksistensi becak agar tetap dapat di kenang walaupun sudah tergerus oleh jaman. Selain itu, museum becak hanya ada satu di dunia yaitu Museum Becak Indonesia.

2. Museum Pertama Di Indonesia Yang Ada Di Hotel

Jika biasanya museum memiliki tempat khusus tersendiri. Museum Becak Indonesia berada dalam satu komplek dengan Hotel Losari Sunset Bali. Jika anda berlibur ke museum, selain dapat menikmati keunikan dan koleksinya. Anda juga bisa langsung menginap tanpa harus bersusah payah mencari tempat penginapan.

3. Wisata Penuh Makna

Salah satu latar belakang berdirinya Museum Becak Indonesia adalah memberikan nilai-nilai sosial bagi para tukang becak bagaimana mengais rejeki. Ketika mengunjungi museum ini, bukan hanya keunikan dan kekokohan becak saja yang dapat anda amati, tapi anda akan merasakan semangat api membara para orang-orang yang mengayuh becak demi kehidupan masa depan yang lebih baik.

4. Makan Sambil Menikmati Wisata Museum

Jika anda pecinta kuliner dan pecinta wisata museum. Museum Becak Indonesia layak untuk di kunjungi. Anda dapat menikmati makan sambil mengamati keunikan becak di Restaurant Careba.

5. Berenang Sambil Menikmati Renang Santai

Jika anda bosan berwisata renang ke pantai yang panas. Wisata renang dengan sensasi berbeda dapat anda lakukan di Museum Becak Indonesia. Berenang  sambil menikmati keunikan becak-becak indonesia.

Bagi anda yang masih sangat penasaran dengan Museum Becak Indonesia dan ingin melihat keunikan dan ciri khas becak-becak yang di indonesia. Atur dan rencanakan liburan sekarang juga. Selain unik, anda juga merasakan nuansa liburan penuh makna.