Beri peringkat untuk posting ini

Bali memang tidak henti-hentinya memikat para wisatawan. Mulai dari suguhan pantai-pantainya yang indah, keramahan penduduknya, juga keunikan kulinernya. Membicarakan masalah pantai, Bali memiliki banyak sekali pantai-pantai indah yang masih belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Pantai Bingin adalah salah satu pantai tersebut.

Mendengar namanya saja, mungkin beberapa orang akan bertanya seperti apa keindahan pantai tersebut. Bahkan, mungkin beberapa orang juga akan bertanya apa benar pulau tersebut ada di bali? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu semua, berikut ini ada fakta-fakta menarik dari Pantai Bingin.

Lokasi Dan Akses Ke Pantai Bingin

Fakta pertama mengenai lokasi pantai ini berada di selatan pulau Bali. Tepatnya di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Selain itu, pantai ini berlokasikan dekat dengan Pantai Dreamland, Pantai  Padang-Padang, juga Pantai Balangan. Jika berangkat dari Denpasar, perjalanan menuju ke pantai ini membutuhkan waktu sekitar satu jam-an.

Bisa dikatakan jika lokasi Pantai Bingin masih sangat tersembunyi. Akses menuju ke Pantai tidak semudah menuju ke pantai-pantai lainnya di Bali. Hal ini dikarenakan jalanan menuju ke Pantai masih berupa gang-gang sempit. Cukup susahnya akses ke Pantai ini juga menjadikan salah satu alasan kenapa pantai ini belum seberapa terkenal di kalangan masyarakat luas.

Untuk datang ke tempat ini sebaiknya anda rental mobil dengan driver di bali. Anda bisa sewa di penyewaan mobil terbaik di bali yaitu raskitour.com. Selain itu anda bisa juga sewa bus bali jika anda datang ke objek wisata ini bersama rombongan dan memerlukan kendaraan yang besar.

Menuju ke pantai ini, para pengunjung diharuskan memarkir kendaraannya, lalu berjalan kaki melewati banyaknya anak tangga. Butuh stamina lebih untuk melewati jalanan yang cukup terjal dan berliku. Namun, jangan kecewa dulu dengan akses yang sulit ke Pantai Bingin. Para pengunjung pastinya akan takjub dengan keunikan-keunikan yang ada di pantai ini. Bahkan perjalanan yang melelahkan tidak akan terasa sia-sia.

Bingin beach

Daya Tarik Pantai Bingin

Meskipun lokasi dan aksesnya memang sedikit membuat kesusahan, akan tetapi, masih banyak daya tarik dari Pantai Bingin. Sangat disayangkan jika berkunjung ke Bali dan tidak berkunjung ke pantai ini. Seperti apa kira-kira daya tarik dari Pantai ini? Berikut penjelasannya:

1. Keindahan yang Tersembunyi

Ketika jenuh dengan pemandangan kota yang penuh dengan kemacetan, maka berwisata alam menjadi salah satu cara untuk merefresh pikiran. Seperti berkunjung ke Pantai Bingin. Sudah diketahui sebelumnya, jika lokasi Pantai ini memang cukup tersembunyi, namun, justru hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri.

Dengan lokasinya yang tersembunyi, pantai ini tentu saja membuat orang penasaran, dan walhasil tidak dikecewakan ketika sudah sampai di bibir pantai. Suguhan ombaknya juga pemandangan di sekeliling Pantai Bingin yang dikelilingi tebing, membuat para pengunjung merasakan sensasi berwisata alam yang sebenarnya.

Apalagi, bagi orang-orang yang menyukai ketenangan, maka berkunjung ke Pantai Bingin juga menjadi pilihan yang tepat. Hawa serta udaranya yang sangat segar membuat para pengunjung betah untuk menyegarkan pikiran.

2. Keunikan Pasir Dan Karang

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Bingin ini adalah pasirnya yang bertekstur kasar. Akan tetapi, degan tekturnya yang kasar, pantai ini masih tergolong sebagai pantai dengan pasir putih. Dengan tekstur dan pasirnya yang putih, maka cocok juga untuk digunakan bermain pasir di pantai.

Lihat juga pantai menarik lainnya: Pantai Gunung Payung

Selain pasir putih dan kasarnya, di Pantai Bingin ini, juga memiliki hamparan karang di pinggiran pantai. Hamparan karang tersebut bisa membentuk cekungan-cekungan kolam yang cocok untuk berenang saat kondisi air laut sedang surut.

3. Wisata Alam Tanpa Bayar

Jangan kaget jika datang ke Pantai Bingin ini dan tidak dikenakan tarif sedikit pun. Karena memang wisata alam ini masih gratis dan terbuka untuk umum, tentu saja. Para pengunjung hanya diharuskan membayar uang parkir kendaraan dan selebihnya bisa puas menikmati pemandangan alam tiada duanya di Pantai Bingin.

Aktivitas Yang Cocok Dilakukan Di Pantai Bingin

Setelah mengetahui daya tarik sekaligus keunikan Pantai Bingin, sekarang mungkin muncul pertanyaan kira-kira aktifitas apa saja yang bisa dilakukan saat berkunjung ke pantai elok ini. Jawabannya, tentu saja banyak aneka aktifitas yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu di Pantai Bingin, seperti berikut ini:

1. Berenang

Pada penjelasan sebelumnya, diketahui jika Pantai Bingin ini memiliki hamparan karang yang apabila air sedang surut, maka bisa membentuk kolam. Dari bentukan kolam tersebut, para pengunjung bisa memanfaatkannya untuk berenang.

2. Surfing

Datang ke Pantai Bingin, para pengunjung akan menjumpai banyak wisatawan asing. Ini dikarenakan, pantai ini memiliki ombak yang sangat cocok untuk bermain surfing. Pada saat pasang, air laut bisa mencapai ketinggian 5 hingga 8 meter, sehingga ini bisa jadi ajang para wisatawan asing maupun lokal untuk bermain surfing sepuasnya.

3. Snorkeling

Selain berenang dan surfing, ada satu aktivitas lain lagi yang sayang untuk dilewatkan saat ke Pantai Bingin. Aktivitas itu adalah snorkeling. Lautnya yang begitu biru juga pantainya yang cukup dangkal bisa menjadi alternatif untuk melakukan snorkeling di pantai ini.

4. Piknik

Bagi beberapa orang, mungkin lebih suka jika datang ke pantai dan melakukan aktivitas yang lebih kekeluargaan, seperti halnya piknik. Tentu saja, berkunjung ke Pantai Bingin, para wisatawan bisa memanfaatkannya untuk piknik bersama keluarga, teman maupun kekasih.

Apalagi setelah berjalan cukup jauh, maka menikmati alam sambil makan dan mengobrol santai juga bisa jadi pilihan yang menarik. Selain menikmati alam yang indah, dengan piknik juga bisa meningkatkan kedekatan antar keluarga, teman, juga kekasih.

5. Bersantai Menyaksikan Sunset

Berkunjung ke Pantai Bingin pada sore hari merupakan pilihan yang sangat tepat. Rata-rata pengunjung yang datang memang lebih banyak pada waktu sore. Ini dikarenakan, waktu sore adalah waktu yang cocok untuk menunggu matahari terbenam atau sunset.

Banyak orang yang bilang kalau sunset di pantai-pantai yang ada di Bali adalah sunset yang sangat indah dan tidak ada bandingannya. Maka tidak terkecuali sunset yang dimiliki oleh Pantai ini. Menghirup udara segar, menikmati jajanan sekaligus menunggu sunset adalah cara paling menyenangkan untuk menghabiskan waktu sore.

Fasilitas Di Pantai Bingin

Jangan berkecil hati dulu ketika tahu jika akses ke Pantai Bingin ini cukup susah, maka tidak menjadikan fasilitas yang dimiliki juga terbatas. Di pantai ini, para wisatawan bisa menemukan banyak pilihan fasilitas yang tidak akan membuat para wisatawan kesusahan.

1. Warung Makan

Seringkali merasa kelaparan saat berwisata alam menjadikan hambatan untuk bersenang-senang. Tapi, tidak dengan berkunjung ke Pantai Bingin. Banyak pilihan warung makan yang bisa dipilih untuk mengganjal perut yang kosong.

Masalah harga sendiri, memang di pantai ini dijual dengan kisaran yang agak mahal. Banyaknya wisatawan asing yang menjadi pemicunya, namun, jangan kecewa dulu karena harga yang mahal juga diimbangi dengan rasa yang mahal juga.

2. Penginapan Atau Hotel

Ingin berlama-lama di Pantai Bingin dan menikmati suasana pantainya, maka menginap menjadi solusinya. Bukan hanya warung makan saja yang bisa ditemui di pantai tersembunyi ini, namun hotel dan beberapa homestay juga ada. Harganya sendiri cukup terjangkau untuk penginapan di tempat wisata. Kisarannya bermula dari Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000. Sehingga, tidak akan begitu menguras kantong.

Dari fakta-fakta menarik yang ada di Pantai Bingin di atas, bisa dijadikan pertimbangan untuk menghabiskan waktu liburan terutama berlibur dengan nuansa alam. Apalagi jika kebetulan sedang menginjakkan kaki di Bali, rasanya sangat sayang jika tidak mencoba berkunjung ke pantai indah ini.

Keindahan alam, pilihan aktivitas juga fasilitasnya yang sudah memadai bisa menjadikan para wisatawan betah untuk berlama-lama dan menghabiskan waktu di pantai yang tiada duanya ini.