Bali sudah cukup terkenal dengan beragam pantai indah dan mempesona. Hampir seluruh pantai di Bali cukup bagus serta memiliki keunikan masing-masing. Sebagai contoh Pantai Kuta, Pantai Dreamland, Pantai Pandawa, Pantai Padang-Padang, serta Pantai Cemongkak yang memiliki keindahan tersembunyi. Tetapi seiring berjalannya waktu, pantai tersembunyi ini mulai dikenal dan dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Lokasi Dan Cara Akses Ke Pantai Cemongkak

Pantai Cemongkak ini berada di Jalan Pantai Cemongkak, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Jika tiba dari Bandara Ngurah Rai jaraknya sekitar kurang lebih 18 km, jika dari pusat Kota Denpasar jaraknya  34 km, jika dari Pantai Pandawa jaraknya kira-kira 13 km sedangkan jika berasal dari Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana jaraknya sekitar 9 km.

Jika bingung sebaiknya anda sewa mobil di Bali saja ketika liburan ke tempat ini. Anda tidak perlu mencari rutenya tinggal bicara saja tujuan wisata anda kepada driver. Cukup mudah kan? Nah untuk kebutuhan rental mobil lepas kunci di bali anda bisa percayakan kepada raskitatour.com.

Akses menuju Pantai Cemongkak cukup mudah sebenarnya, cukup arahkan kendaraan menuju Jalan Pura Uluwatu, saat tiba depan kantor kepala Desa Pecatu terdapat pertigaan lalu berbelok ke kanan menuju Jalan Labuan Sait. Setelah beberapa kilometer terdapat persimpangan ke arah kanan, itulah Jalan Pantai Cemongkak.

Lalu ikuti jalanan tersebut hingga tiba di belokan terakhir tepat di depan El Kabron, ada sebuah jalan setapak berlantai semen dengan sepanjang pagar dan sebuah lahan kosong jalan lurus hingga menemukan pantai. Itulah pantai Cemongkak, karena jalannya cukup curam sehingga harus tetap berhati-hati.

Wisata Pantai Cemongkak

Sejarah Dari Arti Kata Pantai Cemongkak

Nama Cemongkak sebenarnya karena pada awalnya sekitar warga sebagian besar berpenghasilan  mencari congkak atau kerang di pantai ini. Mutiara tersebut kemudian  akan dipermak menjadi hiasan kalung maupun gelang yang akan dijual per cangkir Rp 5 ribu hingga Rp 8 ribu.

Selain mencari nafkah dengan mencari mutiara, warga setempat juga berpenghasilan menjadi jasa antar untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara yang akan mengunjungi pantai, karena pada itu rute masih dalam keadaan jalan setapak.

Wisatawan yang akan melihat keindahan ombak serta tebing yang mengelilingi dengan suasana yang begitu natural. Hingga suatu ketika seorang wisatawan dari Amerika mengunjungi Pantai Cemongkak dan karena takjubnya ia mencetus nama baru yaitu Pantai Dreamland (Tanah Impian).

Ini loh keindahan yang berbeda dari: Pantai Dreamland

Lebih banyak turis yang menyebut Pantai Cemongkak dengan nama Pantai Dreamland, sebutan ini sudah tersebar luas sampai wilayah Indonesia. Tetapi sebagian menyebut, Pantai Cemongkak dan Pantai Dreamland lokasinya bersebelahan, artinya kedua pantai tersebut berbeda.

Keunikan Pantai Cemongkak

Pantai cemongkak telah berdiri puluhan tahun dan dijadikan tempat berpenghasilan bagi warga setempat. Namun, selain sebagai tempat mencari nafkah pantai ini sangat cocok digunakan sebagai tempat wisata karena berjuta keunikannya. Berikut ini 6 keunikan pantai cemongkak yang harus diketahui :

1. Pantai Dengan Keindahan Yang Tersembunyi

Lokasi Pantai Cemongkak memang berada di antara dua pantai lainnya yang sudah cukup terkenal yaitu Pantai Dreamland dan Pantai Bingin. Keduanya sudah dikenal para wisatawan sebagai tempat wisata sedangkan pantai Cemongkak belum banyak wisatawan yang mengetahuinya. Namun, kiprahnya yang tidak terkenal pantai justrus memiliki keindahan yang tidak kalah menarik dengan dua pantai tetangga.

2. Pantai Penuh Sejarah

Tak seperti pantai-pantai tetangganya, kita dapat menikmati keindahan Pantai Dreamland dan Pantai Bingin dengan ramai dan hiruk pikuk wisatawan lainnya. Pantai cemongkan justru begitu damai tanpa gangguan hiruk pikuk banyak wisatawan.

Dari keadaannya, disini dahulu seperti pernah berdiri hotel ataupun resort wisata yang besar, terbukti dari banyaknya sisa-sisa reruntuhan bangunan di atas lahan puncak tebing ataupun di bagian kawasan pantai di kaki tebing pantai  ini. Karena hampir seluruh kawasan baik di puncak tebing pantai  maupun di bagian kakinya merupakan lahan kosong.

3. Pantai Diantara Dua Pantai

Pantai ini memang tidak begitu ramai seperti dua pantai tetangganya yaitu Pantai Bingin dan Pantai Dreamland. Namun,  ketika kondisi air laut sangat surut, kita dapat mengunjungi dua pantai lainnya secara bersamaan. Kita dapat berjalan kaki menyusuri jalan pantai ke Pantai Bingin di selatan Pantai Cemongkak maupun berjalan ke sisi utara adalah Pantai Dreamland. Tetapi, ketinggian air menjadi sangat rendah itu hanya terjadi sekali-sekali.

4. Surga Yang Menawan

Meskipun tidak begitu ramai, Pantai ini cukup indah dan recommended untuk di kunjungi. Jika dinikmati dengan  tenang dari puncak tebing ataupun dari pasir pantai di kaki tebing yang menjulang, pantai ini menawarkan  panorama bagaikan surga yang menawan.\

Lihat juga pantai yang menawan lainnya: Pantai Tanjung Benoa

5. Lokasi Surfing

Lokasi pantai ini berada dalam kawasan yang berdekatan dengan Pantai Bingin. Pantai Bingin terletak di sebelah selatan yang menjadi salah satu titik untuk surfing paling populer di kalangan para surfer berpengalaman. Tidak jauh berbeda dengan Pantai Bingin, Pantai ini juga dapat digunakan sebagai lokasi surfing terbaik selama berada di Bali.

6. Pantai Berpasir Putih

Jika mengunjungi pantai cemongkak, saat berada di kaki tebingnya dengan beragam hiasan gugusan karang di sana sini. Selain itu keindahan Pantai ini ternyata juga dilengkapi dengan hampar  pantai berpasir putih yang begitu kontras serta berpadu dengan warna lautnya yang biru kehijauan. Begitupun suguhan dari panti di Kabupaten Badung ini.

Pantai Cemongkak

Tips Berlibur Ke Pantai Cemongkak

Sebelum mengunjungi pantai cemongkak tak ada salahnya simak terlebih dulu tips berlibur ini. Berikut ini 5 tips berlibur ke pantai cemongkak :

1. Membawa Pakaian Yang Sesuai

Berlibur ke pantai tentu tak asal membawa pakaian, pastikan pakaian yang anda bawa adalah pakaian yang tepat. Pilihlah pakaian dari bahan yang nyaman untuk dipakai ke pantai, khususnya yang dapat menyerap keringat. Hindari pakaian berbahan tebal dan sulit menyerap keringat karena hal itu akan membuat tidak nyaman saat berlibur.

2. Memakai Sandal Jepit

Sandal jepit merupakan alas kaki terbaik yang dapat digunakan saat pergi ke pantai. Selain tidak mudah rusak karena air, dan akan lebih nyaman saat dipakai menyusuri pantai. Pilihlah sandal jepit dengan bahan empuk di kaki serta tidak mudah putus. Tidak semua merek sandal jepit dapat tahan dan kuat ketika dipakai di pantai.

3. Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Sinar matahari memang sehat, namun akan menjadi tidak sehat saat berada di atas pukul 09.00. Jadi bawalah tabir surya minimal SPF 15 untuk dapat melindungi kulit selama mengunjungi pantai. Perlindungan ekstra dapat dilakukan dengan mengunakan proteksi terhadap UVA dan UVB. Serta gunakan lip balm yang juga mengandung tabir surya untuk melindungi bibir dari matahari langsung.

4. Gunakan Tas Tahan Air

Supaya barang bawaa aman dari basah, ada kalanya menggunakan tas tahan air atau water resistant bag. Tas ini telah banyak dijual di pasaran. Atau dapat pula menaruh semua barang ke dalam dalam kantong plastik. Baru setelah itu memasukkannya kembali ke dalam tas, sehingga itu tidak mudah terkena air dan basah.

5. Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Ketika pergi ke pantai, jangan lupa membawa kacamata antiradiasi. Pastikan bahwa kacamata yang telah dibawa adalah benar-benar memiliki lensa antiradiasi yang berkualitas baik. Hal ini penting karena akan melindungi dari paparan sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata.