Bali sangat populer akan destinasi wisatanya khususnya pantai berpasir putih. Salah satu pantai berpasir putih yang menjadi tempat liburan favorit di Bali adalah Pantai Kelan. Dimana pantai ini berada di kawasan wisata Bali selatan. Berlibur ke pantai, biasanya karena ingin menikmati keindahan sunrise maupun sunsetnya.

Di Pantai Kelan, wisatawan tidak hanya dapat menikmati nyamannya pasir putih saja. Melainkan juga keindahan sunset yang berbeda dari pantai lainnya. Penasaran dengan pantai favorit di Bali ini? Simak beberapa informasi penting mengenai Pantai Kelan berikut ini:

Lokasi Pantai Kelan

Pantai Kelan beralamat di Tuban, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Pantai ini berada di Teluk Jimbaran dan masih dalam satu garis pantai dengan Pantai Kedonganan dan Pantai Jimbaran. Lokasinya yang dekat dengan Bandara Ngurah Rai, yaitu di seberang runaway bandara menjadikan pantai ini sangat favorit dan unik.

Yuk singgah ke: Pantai Pemutih

Akses tercepat untuk menuju ke pantai ini adalah dengan melewati jalan Segara Madu. Jika dari Bandara Ngurah Rai yang berjarak 6 kilometer, wisatawan dapat mengambil rute jalan Airport Ngurah Rai sekitar 15 menit. Sedangkan jika dari kota Denpasar yang berjarak 14 kilometer, wisatawan dapat menghabiskan waktu 35 menit untuk sampai ke pantai.

Jika belum pernah ke tempat ini mungkin anda akan bingung, tapi tenang saja dari bandara anda bisa menghubungi sewa bus pariwisata di bali murah yang ada di Bali untuk menjemput anda dan keluarga. Jika menggunakan sewa mobil anda tidak khawatir tersesat dan tidak perlu susah-susah untuk mencari angkutan umum.

Harga Tiket Masuk Pantai Kelan

Untuk menikmati keindahan dan keunikan pantai ini, wisatawan tidak dipungut biaya apapun. Dengan kata lain pengunjung dapat datang ke kawasan pantai tanpa biaya atau gratis. Pantai ini buka selama 24 jam. Sehingga wisatawan dapat mengunjungi pantai ini setiap hari kecuali hari Nyepi.

Fasilitas Wisata Di Pantai Kelan

Area Pantai Kelan dibedakan menjadi tiga area yaitu area parkir jukung, area wisata dan area operasional wisata. Selain itu pantai ini juga memiliki area melasti dan persembahan. Banyak sekali fasilitas yang ada saat ini. Mulai dari area parkir yang sangat luas dan aman serta pusat kuliner seperti cafe dan resto.

Selain itu, pantai ini juga menyediakan penginapan untuk menghabiskan malam di sekitar Jimbaran. Yang menarik dari pantai ini adalah tersedianya banyak tempat sampah di sekitar pantai. Sehingga tidak heran jika Pantai Kelan menjadi pantai yang sangat bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

Daya Tarik Wisata Di Pantai Kelan

Mengunjungi Pantai Kelan akan menjadi liburan yang sangat menyenangkan. Karena banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh pantai berwarna biru ini. Berikut beberapa daya tarik pantai yang akan menjadikan para wisatawan terpesona jika mengunjunginya:

1. Keindahan Alam Yang Memukau

Dengan keindahan alam yang ditawarkan tidak heran jika Pantai Kelan menjadi tempat favorit para wisatawan untuk berkunjung. Dimana pantai ini menawarkan pesona keindahan alami pantai Bali dengan air biru dan pasir putih bersih. Sedangkan di sepanjang bibir pantai, wisatawan akan melihat banyak sekali perahu nelayan yang menambah keeksotisan pemandangan pantai ini.

Selain itu arus ombak di pantai ini juga sangat bersahabat dan tenang. Sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki hobby berenang. Bahkan ketenangan ombaknya juga sangat bersahabat dengan anak-anak yang ingin bermain air.

2. Menjadi Pantai Di Bali Yang Unik

Bagi wisatawan yang mencari objek wisata pantai yang unik makan Pantai Kelan adalah pilihan yang tepat. Bagaimana tidak, lokasinya sangat dekat dengan bandara Ngurah Rai. Tepatnya berada bersebelahan dengan lintasan jalur landasan pesawat. Sehingga wisatawan dapat melihat bagaimana pesawat terbang landing atau take off di Bandara.

Wisatawan akan merasakan sensasi yang berbeda jika mengunjungi pantai ini. Karena wisatawan akan mendengar suara bising dari pesawat terbang yang justru menjadikan lebih betah untuk tetap tinggal.

3. Sunset Terbaik Di Bali

Bali selalu menawarkan keindahan yang tidak dapat diragukan lagi. Salah satunya adalah keindahan sunset atau matahari terbenamnya. Pantai Kelan menjadi salah satu tempat untuk menikmati sunset terbaik di Bali. Dimana pemandangan yang ditawarkan akan berbeda dengan pantai pada umumnya.

Terdapat sekitar 100 jukung yang terombang-ambing di pantai yang menambah keindahan. Uniknya jukung-jukung tersebut dihias dengan warna beragam, sehingga akan menarik siapa saja yang melihatnya. Dan membuat suasana pantai semakin meriah dengan adanya hiasan yang tertempel pada badang jukung.

Wisatawan dapat melihat keindahan sunset di langit dengan pemandangan pesawat. Sehinga akan semakin menambah suasana romantis ketika matahari terbenam. Dan pastikan untuk mengambil gambar keeksotisan sunset di pantai tersebut.

4. Tempat Nongkrong Yang Pas

Berlibur akan menjadi sangat menyenangkan ketika dilakukan bersama-sama. Baik bersama keluarga, sahabat, teman maupun pasangan. Nah, Pantai Kelan ini sangat recommended untuk dikunjungi karena memiliki tempat nongkrong dan bersantai yang asyik. Wisatawan juga dapat memilih tempatĀ  nongkrong di pinggir pantai, sehingga dapat menikmati hidangan dengan ditemani semilir angin pantai yang menenangkan.

Lihat juga keindahan: Pantai Karma Kandara

Selain nyaman, tempat nongkrong yang disediakan juga memiliki banyak sekali kuliner. Karena di sekitar pantai banyak sekali resto dan cafe yang menyediakan berbagai macam menu khas laut. Seperti udang, cumi-cumi, ikan bakar dan aneka seafood yang menggoda lidah.

Tips Liburan Ke Pantai Kelan

Agar liburan ke Pantai Kelan lebih mudah dan mengasyikkan, pastikan wisatawan mengetahui beberapa tips berikut ini :

1. Waktu Terbaik Liburan Ke Pantai Kelan

Pantai yang berada dekat Bandara Ngurah Rai ini buka setiap hari selama 24 jam. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah setiap hari. Namun pastikan pengunjung menghindari liburan pada musim ramai di Bali seperti saat hari Nyepi.

Hampir sepanjang tahun merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi pantai di Bali ini. Namun pengunjung tentu harus merencanakannya dengan matang. Agar liburan menjadi lebih asyik, pastikan wisatawan menghindari musim hujan. Musim kemarau di Bali adalah rentang bulan April-September, sedangkan musim penghujan yaitu September-April.

2. Menggunakan Sunblock

Mengunjungi pantai memang menjadi salah satu destinasi yang tepat untuk mengisi waktu liburan. Namun konsekuensinya adalah kulit akan menjadi lebih gelap, apalagi jika wisatawan berkunjung pada musim kemarau. Maka dari itu, pastikan wisatawan membawa sunblok untuk mengurangi sensasi kulit terbakar sinar matahari. Wisatawan juga dapat menggunakan topi saat berada di pantai.

3. Memilih Tempat Makan Di Pantai Kelan

Pantai Kelan menjadi pantai favorit yang selalu ramai setiap harinya. Sehingga untuk mendapatkan lokasi makan benar-benar harus diperhatikan. Jika mengunjungi pantai ini harus memesan tempat terlebih dahulu agar tidak berebutan dengan pengunjung lainnya. Terutama jika ingin makan sambil menikmati sunset di sekitar pantai.

Selain itu, untuk menghemat biaya pengunjung juga dapat memesan hingga makan malam. Selain lebih irit, pengunjung tidak perlu lagi susah untuk mencari tempat makan lainnya. Dan pastikan memilih tempat yang sesuai, sehingga suasana romantis dan eksotis akan didapatkan.

4. Bawa Kamera

Salah satu hal yang tidak boleh terlupakan saat berlibur adalah kamera. Pastikan ketika mengunjungi Pantai Kelan selalu membawa kamera. Sehingga momen apapun dapat diabadikan dengan baik. Apalagi di pantai ini banyak sekali spot foto yang sangat menarik.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai wisata Pantai Kelan. Tertarik untuk mengunjungi pantai ini? Segera agendakan liburan ke pantai ini dan dapatkan sensasi yang berbeda dengan pantai pada umumnya. Untuk lebih menambah kepuasan dalam berlibur anda, jangan lupa kunjungi juga objek wisata lainnya di Bali. Anda bisa menggunakan paket wisata di raskitatour.com. Paket wisata yang tersedia salah satunya paket wisata Bali 2 hari 1 malam tapi tidak cuma ini banyak lagi paket lainnya yang menarik.