Pantai Labuan Sait Bali, Sejarah Dan Lokasi Objek Wisata
5 (100%) 1 vote

Jika mendengar kata Bali pasti seluruh antero penduduk bumi akan membayangkan keindahan alam dan lautnya. Memang Bali memiliki berbagai macam wisata, namun yang paling terkenal adalah wisata pantainya yang menjadi spot sendiri para turis domestik maupun luar negeri untuk menghabiskan waktu liburannya. Salah satu pantai yang indah di Bali adalah pantai Labuan Sait.

Sekilas Tentang Pantai Labuan Sait

Pantai Labuan Sait memiliki nama lain yaitu pantai Padang-padang. Pantai Labuan Sait sendiri sudah di buka untuk umum pada tahun 1985. Biasanya pantai ini sering digunakan untuk acara seperti upacara melasti atau penyucian perlengkapan upacara keagamaan.

Pantai ini juga pernah dijadikan settingan tempat pada film Eat, Pray, Love yang artisnya adalah Julia Roberts pada tahun 2010, sehingga meningkatkan popularitas pantai ini.  Pantai Labuan Said juga pernah dijadikan latar tempat untuk video klip grup band rock terkenal asal Denmark yaitu Michael Learn To Rocks dengan judul  “someday” pada tahun 1995.

Lihat juga objek wisata pantai di bali lainnya: Pantai Suluban Uluwatu

Penduduk sekitar juga menjelaskan jika pantai Labuan Sait pada zaman penjajahan digunakan sebagai pelabuhan kapal niaga dan kapal perang di Bali. Pantai Labuan sait bisa di katakan sebagai gerbang antara penduduk Bali dengan dunia luar.

Lokasi Labuan Said

Lokasi pantai Labuan Sait terletak di desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Bali.  Pantai ini berda di sebelah utara pulau Uluwatu dengan menghadap ke samudra Indonesia. Akses untuk menuju ke pantai Labuan Said juga cukup mudah.

Jalanan menuju kesana juga sudah di aspal bagus dan mulus. Dari arah Kuta, ada lampu merah derah McD Jimbaran  naik terus menuju Universitas Udayana, lalu lurus sampai melewati Pecatu Resort. Dari sini bisa tanyakan ke penduduk setempat arah ke Pantai Labuan Sait. Untuk melewati rute Kuta ke pantai berjarak 15 kilo meter. Sedangkan, untuk melewati rute Denpasar membutuhkan waktu 32 kilo meter.

Untuk menuju ke tempat ini anda bisa menentukan pilihan, apakah ingin menggunakan mobil pribadi, tansportasi umum atau sewa mobil. Untuk ke tempat ini disarankan menggunakan rental mobil murah di bali saja agar lebih mudah dan tidak mengalami kecapekan. Jasa sewa mobil terpercaya di Bali bisa anda percayakan pada raskitatour.com yang juga melayani dengan supir.

Alasan Memilih Pantai Labuan Said Untuk Berwisata

Memang Bali selalu memanjakan para wisatawan dengan berbagai pemandangan yang eksotis. Terutama wisata pantainya. Semua pantai yang ada di Bali selalu indah dan menawan untuk dijadikan tempat berlibur atau settingan tempat untuk film. Tak terkecuali pantai Labuan Said. Ada beberapa alasan untuk wisata ke pantai Labuan Said, diantaranya yaitu :

1. Pemandangan Yang Unik

Pantai Labuan Said memiliki posisi yang unik.  Pantai ini berada di bawah batu karang. Sehingga para wisatawan di suguhkan pemandangan pantai yang dipadukan dengan tebing-tebing yang memiliki ornamen unik yang di buat oleh alam. Bisa bayangkan bagaimana indahnya pantai ini jika di jadikan latar belakang foto ataupun video.

2. Pantai Yang Masih Terjaga Kealamiannya

Pantai Labuan Sait adalah pantai pasir putih yang masih terjaga kebersihan dan juga memiliki keindahan dan kenyamanan sejauh mata memandang. Keamanan di pantai ini juga sangat di perhatikan oleh penduduk setempat.

Dengan alasan ini para wisatawan pasti sangat betah untuk berlibur di pantai Labuan Said. Pantai ini juga jauh dari kebisingan, sehingga untuk para wisatawan yang menginginkan ketenangan bisa berlibur dengan tenang di pantai ini.

3. Deburan Ombak Yang Tinggi

Untuk para pecinta olahraga selancar pasti sangat senang berada di pantai ini. Pantai Labuan Said memiliki deburan ombak yang tinggi dan kestabilan arah angin. Maka tak jarang perselancar air dari berbagai penjuru dunia akan nampak terlihat di pantai Labuan Said. Pada setiap bulan Agustus di pantai ini selalu mengadakan lomba untuk para perselancar.

4. Memiliki Berbagai Spot Yang Unik

Di pantai Labuan Said ada dua tebing yang menjulang. Diantara dua tebing tersebut ada jembatan panjang yang menghubungkan kedua bukit tersebut. Untuk para wisatawan yang ingin melihat sisi menarik dari pantai Labuan Sait, bisa menaiki jembatan tersebut dan memandang bebas pemandangan sekitar sembari menikmati irama angin yang menyejukkan.

Jangan bilang pernah ke bali kalau belum mampir ke: Pantai Tanjung Benoa

Spot lain yang menarik di pantai Labuan Said adalah terowongan batu karang yang panjangnya  8 meter. Terowongan ini berada di balik batu karang sebelum menuju ke pantai.

5. Memiliki Air Yang Jernih

Para pecinta biota laut bisa melakukan snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut yang ada di Pantai Labuan sait. Para penduduk sekitar juga menyewakan berbagai perlengkapan alat menyelam dan lainnya, sekaligus bisa menjadi guide untuk para wisatawan. Hal ini juga bisa menjadi sumber ekonomi untuk warga setempat.

6. Dekat Dengan Berbagai Tempat Wisata

Di sekitar pantai Labuan Sait juga terdapat berbagai tempat wisata yang tidak terlalu jauh jaraknya. Ini sangat menguntungkan untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Bali. Berikut daftar tempat wisata di sekitar pantai Labuan Sait, diantaranya yaitu : wisata uluwat, blue point, pantai bingin, pantai cemongkak, pantai dreamland, pantai bslangan, GWK, pantai batu pageh, pantai melasti, pantai pandawa, dan pantai gunung payung.

Dari keterangan diatas pasti sudah mengetahui berbagai hal tentang Pantai Labuan Sait. Pantai ini sangat indah dan memiliki fasilitas yang cukup memadai, jadi sangat di rekomendasikan untuk salah satu tempat destinasi liburan di Bali.

Tips Untuk Pergi Berlibur Di Pantai Labuan Sait

Bagi wisatawan yang melakukan liburan di pantai Labuan Sait, ada beberapa tips untuk agar liburannya bisa menyenangkan. Diantaranya yaitu:

1. Waktu Yang Tepat Untuk Datang

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan Pantai Labuan Sait secara sempurna disarankan untuk datang di luar hari libur. Hal ini disebabkan pantai Labuan Sait tidak seberapa luas dan peminat untuk mengunjunginya sangat tinggi. Rata-rata wisatawan yang banyak mengunjungi pantai ini adalah wisatawan domestik.

2. Persiapkan Yang Perlu Disiapkan

Bagi para wisatawan yang ingin berlama-lama untuk menikmati pemandangan pantai Labuan Said disarankan untuk membawa kain alas untuk duduk di atas pasir putih. Sebelumnya, agar kulit tidak rusak karena paparan sinar uv bisa oleskan tabir surya terlebih dahulu dan menggunakan kaca mata hitam.

3. Ajak Sanak Keluarga Atau Teman

Karena pemandangan pantai ini sangat unik dan cantik, ada baiknya untuk tidak dinikmati sendiri. Para wisatawan bisa mengajak sanak keluarga dan teman-teman untuk berlibur bersama. Di pantai Labuan Sait, para wisatawan juga bisa mengabadikan momen liburan di kamera. Pendokumentasian ini akan menjadi kenang-kenangan pada masa depan tentang keindahan pantai Labuan Sait.

4. Siapkan Cukup Dana Untuk Berbagai Kebutuhan

Di pantai Labuan Sait banyak sekali hal yang bisa dilakukan. Disana para wisatawan bisa berselancar, snorkeling atau olahraga pantai lainnya. Penduduk setempat banyak yang menyewakan peralatan olahraga pantai untuk para wisatawan. Di pantai  Labuan Sait juga banyak penjaja souvenir, oleh-oleh, makanan dan minuman. Jadi, disarankan agar membawa cukup dana agar bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di pantai Labuan Sait

5. Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Karena pantai Labuan Sait ini berada di daerah perbukitan, untuk menuju ke pantai akan menaiki puluhan anak tangga yang berbentuk kecil-kecil dan agak terjal. Untuk itu, disarankan para wisatawan menggunakan pakaian yang tidak ribet dan alas kaki yang nyaman. Hal ini di lakukan agar tidak terjadi kecelakaan saat berada di Pantai Labuan Sait.

Nah, itulah beberapa informasi seputar objek wisata Pantai Kabuhan Sait di Bali. Banyak sekali destinasi di Bali yang bisa dikunjungi. Untuk mengunjungi semua objek yang ada di Bali anda bisa menggunakan paket wisata yang dimiliki oleh raskitatour.com. Salah paket wisata yang dimiliki seperti paket wisata 3 hari 2 malam dengan harga dan fasilitas yang oke.