Beri peringkat untuk posting ini

Satu lagi tempat wisata alam di Bali yang menawarkan keindahan pantainya yang eksotis yang bisa anda kunjungi, Pantai Melasti Ungasan. Pantai ini dapat dikatakan menyerupai Pantai Pandawa, karena para pengunjung melewati jalan diantara bukit-bukit dan tebing yang menjulang tinggi sebelum melihat pemandangan laut yang menakjubkan. Sebelum memutuskan untuk berkunjung, simak dulu artikel di bawah ini.

Sejarah Pantai Melasti Ungasan

Asal usul nama Pantai ini ini karena sering digunakan untuk Upacara Melasti masyarakat setempat yang beragama Hindu. Pada hari-hari tertentu dan salah satunya menjelang perayaan Hari Raya Nyepi. Pemberian nama Melasti pada pantai sebenarnya juga diberikan pada pantai di wilayah kabupaten Tabanan Bali. Untuk membedakan keduanya, Pantai ini diberi tambahan nama Pantai Melasti Ungasan.

Lokasi Pantai Melasti Ungasan

Alamat Pantai Melasti tepatnya berada di jalan Melasti, di Desa Adat Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali. Dari kota Denpasar berjarak 26 km atau waktu tempuh selama 50 menit. Pantai di bukit Ungasan ini juga cukup dekat dan berada di arah barat Pantai Pandawa, desa Kutuh, Kuta Selatan Bali.

Jaraknya kurang lebih sekitar 9 kilometer, atau bisa ditempuh dengan dengan waktu berkendaraan sekitar 25 menit. Rute menuju pantai ini dari pusat kota Denpasar ke selatan dengan mengikuti papan petunjuk arah menuju ke Pura Uluwatu. Ikuti jalan hingga melewati pintu gerbang obyek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan menemui sebuah perempatan besar.

Pilihlah jalan ke arah kiri dengan arah menuju ke Pantai Pandawa. Saat menemui sebuah Lapangan Desa Ungasan ada sebuah pertigaan kecil ambil jalan ke arah kanan menyusuri Jalan Melasti hingga tiba di kawasan pantai. Akses jalan menuju pantai dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau bisa juga sewa mobil di Bali.

Wisata pantai melasti bali

Aktivitas Dan Daya Tarik Pantai Melasti Ungasan

ada banyak hal menarik, seru dan pastinya sangat menyenangkan yang bisa kita lakukan di Pantai Melasti. Pantai ini di Bukit Ungasan adalah Pantai pasir putih di bali selatan yang memiliki karakteristik yang unik. Banyak aktivitas yang dilakukan pengunjung Pantai ini, antara lain.

1. Berenang Di Pantai

karakteristik ombak laut di Pantai ini tidak terlalu besar jadi sangat cocok untuk tempat berenang. Sehingga jika datang ke sana, akan banyak wisatawan yang berkumpul di sepanjang pinggir pantai dan terlihat mereka sedang berenang. Keceriaan dan keseruan bermain di sini dijamin tidak akan kalah dengan objek wisata air lainnya di Bali.

2. Melihat Pemandangan Bawah Laut Dengan Snorkeling

Bagi yang memiliki hobby kegiatan olah raga air snorkeling, jangan sampai lupa membawa peralatan snorkeling. Karena warna air laut Pantai ini sangat jernih, maka pemandangan air di bawah laut pinggir pantai ini pun sangat indah. Beraneka ragam biota air berupa ikan laut yang berwarna-warni berlarian diantara sela-sela terumbu karang, dan kuda laut serta yang lainnya mudah terlihat.

Lihat juga pantai indah lainnya: Pantai Gunung Payung

3. Melihat Panorama Sunset Di Sore Hari

Bagi anda yang sedang mencari Pantai di Bali yang bagus untuk melihat matahari terbenam (sunset), maka Sunset di Pantai sangat lah bagus untuk dilihat, tidak kalah dengan ketika kita menikmati sunset di Tanah Lot. Moment terindah adalah, ketika posisi matahari sudah mulai condong ke sisi selatan, maka anda dapat menyaksikan sunset di pantai ini.

4. Berjalan Berliku-Liku Di Atas Tebing Kapur Putih

Daya tarik utama Pantai ini terletak pada akses jalan menuju lokasi pantai. Pengunjung harus melewati jalan turunan berliku-liku yang berada di atas tebing kapur putih yang menjulang tinggi. Akses jalan menuju lokasi pantai diapit tebing karang putih, hampir sama dengan tebing karang di jalan menuju pantai Pandawa Kutuh Bali. Saat ini, jalan menuju lokasi Pantai  yang berada diatas bukit kapur putih sudah di aspal, jadi dapat dengan mudah dilewati mobil.

5. Harga Tiket Masuk Masih Gratis

Setiap pengunjung yang masuk ke dalam kawasan Pantai ini tidak akan dipungut biaya alias gratis. Bahkan untuk tarif parkir kendaraan bermotor juga masih digratiskan, dan mungkin akan ada perubahan di waktu mendatang. Jadi sangat enak bukan? Selain dapat menikmati pemandangan yang indah ternyata biaya masuk tidak ada biaya.

Penginapan Di Sekitar Pantai Melasti

Banyak hotel dan vila yang berada disekitar Pantai Melasti, salah satu yang populer dan terdekat adalah Bayan Tree Hotel and Resort. Penginapan ini berada di puncak bukit hanya sekitar 20 menit dari pantai. Pemandangan Pantai ini dari atas bukit merupakan salah satu keindahan yang ditawarkan oleh penginapan ini.

Dengan keindahan yang tersebut harga yang ditawarkan memang kurang ramah di kantong, Rp 800.000,00-Rp 1.500.000,00/malam. Namun dengan keindahan yang disuguhkan, harga tersebut terbilang murah. Selain itu juga ada Sinaran Surga Villas dan Maha Ungasan Villas.

Nah untuk lebih ekonomis dan sudah dengan biaya hotel anda bisa menggunakan paket wisata Bali 4 hari 3 malam yang dimiliki oleh raskitaour.com. Dengan paket ini ada beberapa destinasi wisata yang bisa anda kunjungi juga terdapat fasilitas yang menarik.

pantai melasti bali sunset

Rute Jalan Menuju Ke Pantai Melasti

Ada banyak cara untuk menuju lokasi tempat wisata di desa Ungasan, kecamatan Kuta selatan, Badung Bali ini.  Bisa menggunakan kendaraan pribadi namun juga sangat bisa jika dengan sewa atau rental mobil/motor di Bali.

Untuk menuju lokasi Pantai ini di Ungasan Kuta Selatan dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai. Ada 2 rute jalan yang bisa anda glewati yaitu Via Jalan Goa Gong ( Berjarak 18 KM – 39 menit berkendara ) atau Via Jl.Dharmawangsa ( 23 KM – 43 menit ).

Tips Wisata Ke Pantai Melasti

Sebelum memutuskan untuk datang ke pantai ini sebaiknya perhatikan tips berikut agar perjalanan anda aman dan nyaman. Tips yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Pantai ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan kendaraan yang mampu untuk melewati tanjakan yang begitu tinggi.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Melasti ini biasanya dimulai dari pukul 1 siang hingga pukul 5 sore saat laut surut.
  • Hingga saat ini masih ada aktivitas truk yang mengangkut bahan material, alat-alat berat yang membuka jalan menuju vila-vila di dekat pantai dan aktivitas lainnya yang membuat pengunjung harus waspada saat melintasi area-area tersebut.

Tempat Wisata Di Sekitar Pantai Melasti

Karena lokasinya yang merupakan bagian wisata kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali, maka dipastikan Pantai Melasti ini sangat dekat dengan sejumlah objek wisata populer lainnya di areal wilayah bali selatan lainnya. Misalnya di arah utara ada Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana GWK Bali  di sebalh timur ada Pantai Gunung Payung, Water Blow  dan Peninsula Island di Kawasan Nusa Dua.

Informasi penting lainnya, ada banyak pantai di Bali bernama Melasti. Melasti adalah nama upacara agama Hindu di Bali yang dilakukan di pantai, dan biasanya dilaksanakan tiga hari sebelum hari Raya Nyepi. Oleh sebab itu, ada beberapa pantai di pulau Bali bernama pantai Melasti. Jadi pastikan terlebih dahulu sebelum berkunjung, daerah lokasi pantai di pulau Bali yang akan dikunjungi.