Beri peringkat untuk posting ini

Pantai Muaya Jimbaran adalah salah satu pantai yang terletak di daerah Jimbaran. Mendengar kata Jimbaran, sepertinya tidak terlalu asing, ya. Terutama dengan Pantai Jimbaran. Lebih tepat disebut Pantai Muaya atau Pantai Jimbaran?

Bali memang salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia yang tak pernah sepi pengunjung. Beberapa wisata yang terkenal diantaranya Pantai Sanur, Tanah Lot, Wisata Wenara Wana, Pura Luhur Uluwatu, Nusa Lembongan hingga Seminyak.

Lalu, sedikit asingkah kata Muaya? Salah satu pantai yang tidak kalah cantik di Bali? Mari simak ulasan pesona kecantikan dari Pantai Muaya berikut ini:

Lokasi Dan Cara Menuju Pantai Muaya

Pantai Muaya terletak di Desa Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali. Benar bahwa Pantai ini termasuk dalam wilayah Jimbaran. Karena itu, Pantai ini terkadang lebih dikenal dengan Pantai Jimbaran. Lokasinya strategis dekat dengan bandara.

Diberi nama Pantai Muaya karena di tempat ini terdapat sebuah tempat suci yang bernama Pura Muaya. Untuk mencapai Pantai ini, diperlukan waktu sekitar 15-25 menit dari Bandara. Jarak tempuhnya sekitar 7 kilometer.

Cara untuk menuju Pantai Muaya dari Bandara Ngurah Rai. Keluar dari kawasan bandara, arahkan kendaraan menuju jalan By Pass Ngurah Rai-Nusa Dua. Temukan pertigaan traffic light Benoa Square lalu belok ke kanan hingga menemukan pertigaan lagi, selanjutnya belok ke kiri.

Lihat juga pemandangan pantai cantik lainnya: Pantai Mimpi Pondok Pemuda

Kira-kira 1,6 kilometer terdapat plang menuju Pantai Jimbaran. Belok ke kanan, mengikuti jalan yang terbuat dari paving. Tidak lama kemudian, akan sampai di bibir pantai dengan area parkir yang luas.

Harga Tiket Masuk Dan Transportasi Mencapai Pantai Muaya

Jika hanya memasuki wilayah pantai, tidak dikenakan biaya alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Untuk sepeda motor dikenai biaya Rp 2.000,- dan untuk mobil Rp 5.000,-

Tentunya, transportasi paling nyaman adalah kendaraan pribadi. Jika mengendarai kendaraan pribadi dan masih bingung mencapai tempat, bisa menggunakan google maps. Dan bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi, jangan khawatir.

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum bisa juga sewa mobil dengan supir. Naik bus umum atau angkutan lain kemudian berhenti di Terminal Bus Kota Kuta Selatan. Setelahnya bisa melanjutkan perjalanan menuju pantai dengan menggunakan ojek.

Sekilas Sejarah Pantai Muaya Jimbaran

Dulu, desa Jimbaran adalah desa yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Kemudian, banyak investor asing yang tertarik dengan pantainya yang sangat bersih, pasirnya yang putih berkilau, serta pemandangan matahari yang begitu memukau.

Mereka mulai membangun hotel, villa, serta restoran bertaraf internasional di Jimbaran. Wisata Jimbaran mulai berkembang sejak tahun 1988. Pada tahun 1992 mulai berdiri hotel bintang lima yang terkenal di seluruh dunia yakni Four Seasons Jimbaran.

Pantai Muaya Sunset

Four Seasons hanya mengelola hotel dengan lokasi terbaik. Ketika hotel tersebut berdiri di Jimbaran, itu artinya Jimbaran memiliki kriteria yang mumpuni. Semakin pesatnya perkembangan hotel-hotel tersebut, penduduk yang awalnya bekerja mencari ikan, mulai beralih ke bidang pariwisata.

Mereka mulai membuka kafe dengan makanan khas seafood, gerai oleh-oleh, dan lain-lain. Seperti itulah Pantai Muaya Jimbaran mulai terkenal. Bukan main popularitas yang dimiliki pantai ini. Popularitasnya juga makin terkenal sejak tragedi Bom Bali II yang terjadi pada 1 Oktober 2005.

Ciri Khas Pantai Muaya

Pantai Muaya menyuguhkan pemandangan unik, yang jadi ciri khas tersendiri. Yakni pasir putih yang berkilau. Selain itu, pantai ini juga memiliki panorama sunset yang spektakuler. Akan sangat disayangkan apabila sudah tiba di kuta selatan tapi melewatkan pantai ini.

Bentuk pantai ini melengkung membentuk seperti huruf L. Nah pada bagian barat laut, terlihat pemandangan bukit dengan villa-villa mewah, menambah kesan kecantikan pulau.

Daftar Kegiatan Yang Wajib Dicoba

Selain tokoh utama yaitu pasir putih berkilau dan sunset spektakuler, Pantai Muaya juga memiliki hal-hal yang bisa membuat pengunjung betah. Dan tentunya merasa ingin berlama-lama di pantai ini hingga lupa waktu. Daftar kegiatan berikut ini yang menyebabkan Pantai ini wajib dikunjungi:

1. Mencicipi Masakan Khas

Menikmati masakan khas yang selalu ramai, yaitu seafood. Terdapat puluhan restoran menyediakan ikan laut segar. Mulai dari kepiting, kerang, udang, cumi-cumi sampai ikan kerapu bisa ditemukan disana. Biasanya hidangan seafood disajikan dengan nasi, sambal, dan sayur plecing.

Tidak kalah minuman khas dan favorit sepanjang masa di pantai, yakni es kelapa muda. Ditemani hembusan angin segar, pemandangan pantai pasir putih berkilau, dan suara pelan deburan ombak. Dengan itu saja, pantai ini sudah sangat memanjakan pengunjung. Bicara soal harga, dapat disesuaikan dengan isi kantong anda.

2. Berenang

Aktivitas yang satu ini tergolong yang wajib dilakukan saat di pantai. Apalagi, pantai ini sangat bersih. Termasuk air lautnya juga bersih. Sepanjang hari dihabiskan dengan berenang dan bermain air sepertinya sayang untuk dilewatkan.

3. Surfing

Yang lebih dominan dilakukan di pantai muaya adalah surfing. Terutama dilakukan oleh turis asing. Terkadang ada juga turis lokal yang berlomba dengan turis asing untuk mencoba berselancar di gulungan ombak yang tinggi. Bagi pengunjung yang merupakan pemula dalam surfing, tidak perlu khawatir.

Di pantai ini disediakan area belajar tapi juga dikenai biaya tambahan. Untuk papan surfing sendiri, banyak lapak yang menyediakan sewa papan surfing.

4. Pijatan Tradisional

Setelah lelah beraktivitas, tidak ada salahnya mencoba menikmati pijatan tradisional ditambah bersantai di bawah payung pantai. Atau pengunjung juga bisa menikmati pijatan ini di gazebo-gazebo yang disediakan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Pemijatan bisa membantu merelaksasikan otot-otot sehingga tubuh terasa ringan dan pikiran menjadi segar kembali.

Fasilitas Penunjang Pantai Muaya

Untuk memenuhi kepuasan wisatawan yang datang Pantai muaya memberikan fasilitas yang cukup lengkap. Pantai Muaya juga memiliki fasilitas penunjang yang bisa diakses langsung oleh pengunjung diantaranya:

  • Area parkir kendaraan yang luas.
  • Rumah Makan.
  • Kafe.
  • Kamar Mandi/Toilet.
  • Gazebo/Payung Pantai.
  • Reflexology/Pijat Tradisional.
  • Penjual Oleh-oleh.
  • Lapak Sewa Papan Surfing.
  • Penginapan.

Rekomendasi Penginapan Murah Dan Pantai Disekitarnya

Jika pengunjung ingin bermalam di pantai muaya, tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa penginapan yang bisa dipilih di sekitar area pantai mulai dari hotel, villa hingga homestay. Beberapa rekomendasi penginapan murah di sekitar jimbaran adalah Akatara Stay Jimbaran, Coco De Heaven Guest House, Nirmala Hotel, dan Villa Puri Royan.

Untuk masalah harga, dapat disesuaikan dengan isi kantong pengunjung. Biasanya tarif per-malam mulai dari Rp 133.000,- sampai dengan Rp 250.000,-

Di kawasan Jimbaran, tidak hanya terdapat Pantai Muaya Jimbaran yang terkenal, tapi juga terdapat pantai lainnya. Jadi, Pantai Muaya tidak sendirian, tetapi memiliki banyak “teman”. Diantaranya adalah Pantai Tegal Wangi, Pantai Balangan, Pantai Padang, Pantai Suluban, Pantai Dreamland, Pantai Bingin, dan Pantai Kedonganan.

Bagaimana? Tertarik mencoba berkunjung ke Pantai Muaya Jimbaran? Sepertinya ulasan di atas cukup menjawab rasa penasaran bagaimana keelokan Pantai Muaya ini. Segera rencanakan waktu berlibur dan jangan lupa mampir ke Pantai Muaya. Kunjungi objek wisata di Jimbaran dengan paket wisata 1 hari City Tour bersama raskitatour.com.