Pantai Segara Samuh merupakan satu dari banyak tempat wisata yang bisa dimasukkan daftar saat berkunjung ke Provinsi Bali. Kawasan ini dikelola secara profesional oleh Pemerintah Kabupaten Badung. Jadi pantai ini mampu menjadi pesaing tempat  populer di Bali seperti kawasan Kuta. Berbagai macam pesona alam yang menakjubkan dan luar biasa bisa dinikmati di kawasan ini. Oleh karenanya, tidak heran jika tempat ini sering dipilih menjadi lokasi terselenggaranya event kenegaraan yang mendatangkan tamu dari berbagai negara.

Lokasi Pantai Segara Samuh

Kawasan wisata Pantai Segara Samuh ini berlokasi di depan Hotel Melia Bali di Nusa Dua tepatnya di Kawasan Wisata Indonesia Tourism Development Center (ITDC) Lot.1, Nusa Dua, Badung, Bali. Karena letaknya yang berada di Nusa Dua, pengunjung sering menyebut pantai ini dengan nama Pantai Nusa Dua . Nusa Dua Bali berjarak 40 km dari pusat kota Denpasar atau sekitar 8 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Rute Menuju Pantai Segara Samuh

Jalur akses menuju Pantai Segara Samuh sangat mudah. Hal ini dikarenakan lokasi Pantai Segara Samuh yang berada tepat di depan Hotel Melia kawasan BTDC Nusa Dua Bali. Untuk sampai ke lokasi wisatawan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 25 menit saja dengan jarak 14 km dari Bandara Ngurah Rai jika melewati jalan tol Bali Mandara menuju jalan By Pass Ngurah Rai.

Wisatawan kemudian akan menemukan tugu penyambutan di ujung jalan By Pass Ngurah Rai yang bertuliskan “Welcome To Nusa Dua” yang merupakan jalan Nusa Dua. Wisatawan harus melewati security check terlebih dahulu sebelum melewati bundaran BTDC.

Lihat juga wisata pantai lainnya di bali: Pantai Labuan Sait Bali

Selanjutnya wisatawan bisa mengambil jalur arah ke kanan yang  melewati Devdan Show Nusa Dua Theatre dan Museum Pasifika. Untuk menemukan Pantai Segara Samuh, wisatawan masuk ke area parkir lalu menuju ke jalan yang telah di paving.

Banyak sekali yang datang ke objek wisata ini dengan sewa mobil. Untuk tempat sewa mobil di Bali yang paling tepat sebagai jasa sewa terbaik adalah raskitatour.com karena ada layanan sewa mobil plus driver.

Pesona Alam Pantai Segara Samuh

Pantai Segara Samuh memiliki berbagai macam keindahan pesona alam yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Kawasan ini juga memiliki ombak yang kecil sehingga cocok dipilih sebagai tempat wisata bagi anak-anak. Selain itu, pemandangan pantai yang sangat indah dan masih bersih juga menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Beberapa pesona alam yang bisa ditemukan di Pantai Segara Samuh yaitu sebagai berikut :

1. Dapat Melihat Matahari Terbit Yang Elok

Pantai Segara Samuh memiliki keindahan yang luar biasa dari segi pemandangannya. Hamparan pasir putih bersih yang menghadap ke arah datangnya matahari ini menjadi spot yang paling sempurna untuk menyaksikan kedatangan sang surya. Pemandangan matahari terbit yang elok di kawasan ini tidak kalah menarik dengan pemandangan matahari terbit di Pantai Sanur maupun Pantai Matahari Terbit.

2. Terdapat Bali Underwater Cultural Park (BUCP) Yang Menakjubkan

Bali Underwater Cultural Park (BUCP) ini sebenarnya merupakan taman bawah laut yang merupakan tempat konservasi budaya Bali dan keanekaragaman hayati laut. Tempat ini menjadi salah satu spot menarik yang mampu memikat para wisatawan yang berkunjung. Jarak BUCP ini sekitar 500 meter dari pinggir Pantai Segara Samuh dengan kedalaman sekitar 11 meter dari permukaan air laut.

BUCP merupakan spot yang unik dan menarik karena taman bawah laut ini menyajikan pemandangan berbagai macam terumbu karang yang berbentuk patung. Patung yang merupakan hasil karya seni ini dipadukan dengan berbagai macam terumbu karang sehingga menambah kesan seni yang menakjubkan.

3. Keindahan Bawah Laut Pantai Segara Samuh

Sama halnya dengan berbagai destinasi wisata pantai dan laut lainnya di Bali, Pantai Segara Samuh juga menyajikan keindahan pesona bawah laut yang merupakan tempat pertumbuhan terumbu karang. Keindahan bawah laut disini bisa dinikmati dengan melakukan aktivitas snorkeling menggunakan beberapa peralatan selam yang bisa disewa.

Wisatawan yang akan melakukan kegiatan snorkeling bisa menyewa dan membayar perahu nelayan yang akan mengantarkan wisatawan ke tengah laut dengan jarak 500 meter dari bibir pantai. Peralatan snorkeling yang akan digunakan wisatawan bisa disewa dari Pantai Mengiat yang tidak jauh dari pantai ini.

4. Ketenangan Sekitar Pantai Segara Samuh

Pantai Segara Samuh ini terkenal dengan ombak pantainya yang kecil bahkan terkadang tidak ada ombak sama sekali. Oleh karenanya, tempat ini cocok dipilih untuk wisatawan yang memiliki anak kecil dan ingin merasakan sensasi berlibur di pantai. Banyak para wisatawan yang membiarkan anak mereka bermain bebas di pantai ini.

Lihat keindahan: Pantai Mimpi Pondok Pemuda

Pemandangan sekitar pantai dengan ombak yang kecil menambah ketenangan dari tempat ini. Sehingga, tempat ini juga cocok dipilih bagi wisatawan yang penat dan jenuh dengan pekerjaan yang dijalankan. Selain itu, kebersihan tempat ini sangat terjaga dengan baik mengingat tempat ini tergolong ke dalam kawasan yang elit.

Wisatawan juga bisa menikmati sensasi jalan-jalan ke tengah laut dengan jarak sekitar 100 km jika air laut berada dalam kondisi yang surut. Sesekali wisatawan disuguhkan dengan pemandangan hewan-hewan laut yang terjebak dalam genangan air, sehingga menambah kesan yang menakjubkan saat berkunjung ke tempat ini.

5. Pesona Pemandangan Pulau Nusa Dharma Dari Kejauhan

Pemandangan Pulau Nusa Dharma yang hijau juga bisa dinikmati wisatawan dari Pantai Segara Samuh ini. Sembari menikmati keindahan Pantai Segara Samuh, wisatawan juga bisa mencoba track di Pulau Nusa Dharma dengan bersepeda maupun berjalan kaki. Selain itu, para pecinta olahraga air juga bisa melakukan surfing dengan masuk ke tengah laut sejauh 200 meter dari bibir pantai untuk mendapatkan ombak yang bagus.

6. Pesona Wisata Budaya Di Pantai Segara Samuh

Selain menyajikan pesona wisata yang berupa keindahan pantai dan bawah laut, Pantai Segara Samuh juga memberikan sensasi wisata budaya yang sering dilakukan di tempat ini. Kawasan ini sering digunakan sebagai upacara adat seperti upacara melasti, upacara nyegara gunung, dan perayaan nyekah. Namun, momen seperti ini hanya bisa didapatkan oleh wisatawan yang beruntung datang ke tempat disaat upacara tersebut dilakukan.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Pantai Segara Samuh

Wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata ini harus berbahagia karena Pantai Segara Samuh tidak memberikan tiket masuk yang berbayar. Sehingga, setiap wisatawan bebas untuk berkunjung ke tempat ini secara gratis.

Pantai Segara Samuh beroperasi dari hari Senin hingga Minggu selama 24 jam per hari. Sehingga, para wisatawan bebas datang pada jam berapapun untuk menikmati keindahan pemandangan di lokasi wisata ini.

Fasilitas Di Pantai Segara Samuh

Pantai Segara Samuh menyediakan fasilitas yang beragam mulai dari fasilitas dasar seperti area parkir, kamar mandi dan MCK, dan juga rumah makan. Selain itu, berbagai penginapan yang mewah juga tersedia di sepanjang pantai ini misalnya saja Hotel Melia Bali dan The Westin Resort Nusa Dua Bali.

Selain fasilitas berupa hotel dan resort, di kawasan ini juga menyediakan toko souvenir bagi wisatawan yang ingin pulang membawa buah tangan bagi keluarga maupun sahabat. Fasilitas lainnya yang juga disediakan adalah teater, convention center, lapangan golf, dan watersport.

Itulah beberapa pesona alam yang bisa ditemukan di Pantai Segara Samuh. Bagi para wisatawan yang memiliki rencana untuk berkunjung ke kawasan ini, ada baiknya jika melakukan pencarian informasi terkait kondisi cuaca terlebih dahulu sehingga liburan menjadi tenang dan lebih berkesan. Jika anda ingin liburan bersama keluarga bisa sekali menggunakan paket wisata yang dimiliki raskitatour.com. Banyak paket wisata yang tersedia seperti paket wisata Bali 3 hari 2 malam salah satunya.