Tidak pernah ada habisnya jika kita berbicara tentang wisata di Pulau Bali, salah satu Pulau yang menawarkan berjuta keindahan. Pantai Suluban merupakan destinasi wisata yang berada di Desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali. Tempat yang memberikan keindahan dan keunikan ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Pesona Pantai yang sayang untuk tidak dikunjungi saat anda sedang berlibur di Pulau Bali.

Pantai ini mempunyai keindahan tersembunyi yang tidak kalah bagusnya dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Pulau Bali. Tebing tinggi yang mengelilingi Pantai menjadikan suasana alami dan sejuk terasa saat bersantai sambil menikmati pemandangan. Berikut akan dibahas mengenai Pantai Suluban yang harus kalian ketahui:

Pantai Suluban Uluwatu Bali

Suluban berasal dari kata “mesulub” yang merupakan bahasa Bali, artinya lewat dibawah sesuatu dikarenakan Pantai ini berada di bawah tebing. Pemberian nama Suluban juga mengacu pada terowongan batu karang yang ada di sekitar Pantai yang harus melewati lorong tersebut sebelum mencapai bibir pantai.

Wisatawan Asing biasa menyebut Pantai ini dengan nama Blue Point Beach dikarenakan di kawasan ini dibangun Hotel Blue Point. Sehingga lebih familiar dan lebih mudah bagi mereka khususnya wisatawan asing dalam menyebutnya Blue Point.

Daya Tarik Yang Di Hadirkan Pantai Suluban

Pantai indah dibawah tebing ini mempunyai daya tarik wisatawan yang cukup besar, mulai dari eksotisme pemandangan, keunikan tebingnya, tempat keren untuk mengisi liburan, serta masih banyak lagi. Berikut beberapa daya tarik yang akan menjadikan kalian ingin segera berlibur kesini:

1. Sunset Suluban Yang Menawan

Salah satu pemandangan yang paling diburu wisatawan adalah sunset atau matahari terbenam. Kecantikannya menambah suasana pantai menjadi tampak sangat menawan. Tebing batu yang terbentuk seperti sebuah gua menjadi tempat yang indah untuk melihat sang matahari terbenam.

Blue Point Beach terletak disebelah barat sehingga menjadikan pantai ini tempat yang sempurna untuk menyaksikan sunset yang indah. Jadi tempat ini sangat cocok bagi kalian yang akan menghabiskan waktu sore yang berkesan.

2. Tempat Surfing Yang Menyenangkan

Berlokasi dekat dengan Pura Uluwatu, menjadikan Pantai ini terkenal dan menjadi surganya para peselancar. Karakter ombak disini cukup besar dan kuat, gelombang panjang dan barel yang konsisten membuat peselancar tertarik datang ke titik ini.

Ombaknya mencapai 3 hingga 12 meter dengan ukuran gelombang rata-rata 3 sampai 5 meter, cocok bagi peselancar lanjutan atau profesional. Bulan April sampai Agustus merupakan musim terbaik untuk berselancar karena angin bertiup dari timur ke barat sehingga menciptakan gelombang sempurna.

3. Pemandangan Pantai Yang Eksotis

Tebing tinggi yang mengelilingi pantai menjadikan kita seperti dibawah gua saat berada dibawahnya. Keindahan hamparan pasir putih dengan cekungan pantai serta air laut yang bening menambah pesona pantai. Selain itu, pantai ini mempunyai dua warna laut yaitu bagian dalam berwarna biru tua dan yang lebih dangkal berwarna kehijauan.

Saat air laut sedang surut, akan membentuk layaknya kolam kecil dipinggir pantai. Sedangkan saat air laut pasang, kalian dapat melihat pemandangan deburan ombak yang menghantam pinggiran tebing.

4. Tempat Berkemah Yang Seru

Pantai ini dapat dijadikan tempat berkemah tepatnya pada terowongan atau goa dibawah anak tangga terakhir. Suasana tenang dibawah tebing, pemandangan bintang di atas langit, serta suara deburan ombak akan menambah pengalaman camping kalian semakin seru.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Suluban

Untuk memudahkan pemahaman, Bandara Ngurah Rai adalah titik awal memulai perjalanan. Dari Bandara, kalian dapat menuju arah Kampus Universitas Udayana kemudian masuk melewati kawasan kampus UNUD. Setelah keluar dari kawasan kampus, belok kanan lalu belok kiri mengikuti petunjuk arah menuju GWK.

Dilanjutkan berkendara sampai Kantor Desa Pecatu, belok kanan mengikuti jalan Labuan Sait. Di pertigaan ujung jalan Labuan Sait, belok kiri menuju Pantai Padang Padang lalu belok kanan menuju Pantai Suluban. Ada alternatif lain untuk ke tempat ini agar lebih mudah yaitu dengan sewa mobil atau bus pariwisata bali jika Anda kesa na dengan rombongan keluarga.

Fasilitas Yang Disuguhkan Di Pantai Suluban

Jika datang ke Pantai Suluban, di tempat ini bisa melakukan beberapa aktivitas yang telah tersedia. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya:

1. Tempat Makan Atau Cafe Di Dekat Pantai

Meskipun lokasinya masuk kedalam, namun disini terdapat beberapa tempat makanan yang menyuguhkan hidangan makanan dari yang biasa sampai yang mewah. Masing-masing restoran menyajikan makanan internasional, makanan khas Indonesia, serta makanan asli Bali.

Restoran yang dengan mudah ditemukan ini memiliki tempat yang istimewa yaitu kita dapat makan sekaligus menikmati pemandangan pantai. Menjadikannya tempat santai dan sempurna dalam melengkapi liburan kita.

2. Penginapan Yang Nyaman

Tidak perlu khawatir saat berlibur, karena disini dilengkapi dengan tempat penginapan yang akan membuat kalian nyaman saat menikmati pemandangan kapanpun. Kalian dapat menyesuaikan budget dalam memilih penginapan, dari yang biasa hingga yang mewah semua nya tetap memberikan kenyamanan.

3. Terdapat Penyewaan Peralatan Surfing

Bagi para pecinta surfing, saat sudah berada di Pantai ini tanpa berselancar rasanya seperti ada yang kurang. Tak perlu khawatir bagi kalian yang tidak membawa alat surfing, karena selain menjual peralatan, banyak toko-toko yang menyewakan peralatan surfing dengan harga yang terjangkau. Jadi kalian tidak perlu repot dalam menikmati liburan.

4. Toko Souvenir

Jika kalian tidak sempat datang ke tempat oleh-oleh di Bali, di Pantai ini terdapat toko souvenir khas dari Bali. Tinggal pilih saja sesuai yang kalian inginkan, masalah harga masih terjangkau walaupun berada di tempat wisata Pantai. Namun tetap saja kalian masih boleh menawar.

5. Tempat Parkir Yang Luas

Selain tempat parkirnya nyaman, tempat ini juga aman untuk kalian yang menitipkan kendaraannya. Untuk masuk ke Pantai Blue Point ini, tidak dikenakan tiket masuk hanya saja kalian harus membayar biaya parkir. Harga retribusi parkir kendaraan diantaranya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Tips Asyik Menikmati Liburan Di Pantai Suluban

Supaya liburan lebih berkesan, penting sekali untuk menyimak tips berikut ini sebelum memutuskan untuk pergi ke Pantai Suluban ini. Ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Mempunyai rencana saat akan menuju Pantai. Bagi kalian pecinta surfing kalian dapat menyiapkan peralatan lengkap dari rumah terlebih dahulu. Selain itu jika kalian ingin liburan berkesan kalian dapat menyiapkan alat camping untuk menginap.
  • Membuang Sampah pada tempatnya. Wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan Pantai sehingga kita nyaman saat menikmati pemandangan.
  • Tidak malu bertanya jika kalian tidak tahu rute jalan menuju Pantai. Selain itu sebaiknya menggunakan sepeda motor baik membawa sendiri ataupun menyewa.
  • Karena ombak disana cukup besar, maka saat membawa anak-anak agar lebih berhati-hati dan tidak terlalu dekat dengan ombak.
  • Menggunakan alas kaki yang nyaman saat kegiatan outdoor.
  • Lebih baik berkunjung saat musim kemarau karena akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan di hari ini.

Tidak heran jika wisata Pantai Suluban menjadi tujuan destinasi wisatawan baik lokal maupun asing khususnya para peselancar. Akses yang mudah dan harga yang terjangkau menjadikan semua kalangan dapat menikmati fasilitas yang diberikan. Jika anda ingin pergi ke tempat ini dan beberapa objek menarik lainnya di Bali anda bisa menggunakan paket 3 wisata bali 4 hari 3 malam yang dimiliki oleh jasa tour terpercaya yaitu raskitatour.com.