Penyu merupakan salah satu hewan yang dilindungi karena populasinya yang dikhawatirkan punah. Untuk mengatasi hal ini pemerintah maupun sejumlah lembaga swadaya masyarakat tergerak mendirikan penangkaran untuk melestarikan hewan lucu ini. Salah satunya yaitu Penangkaran Penyu Deluang Sari yang berlokasi di Tanjung Benoa, Bali. Berikut ulasan singkatnya

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Penangkaran Penyu Deluang Sari ini terletak di Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan , Kabupaten Badung Bali. Dari Kota Denpasar, kawasan ini berjarak kurang lebih 27 kilometer. Jika ditempuh dari Bandara Ngurah Rai akan memakan waktu sekitar 35 Menit.

Sementara untuk biaya masuk ke lokasi wisata penangkaran penyu Deluang Sari ini pengunjung dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000 per orang. Untuk menghemat waktu dan bisa mengunjungi objek lainnya agar tidak capek anda bisa sewa mobil murah di bali dengan supir yang dimiliki raskitatour.com.

Awal Mula Dibuka Penangkaran Penyu Deluang Sari

Berawal dari kekhawatiran akan populasi penyu yang makin sedikit. Padahal penyu merupakan salah satu hewan laut yang dilindungi. Namun kenyataannya masih banyak pemburu hewan lucu ini untuk diperjual belikan baik daging maupun telurnya.

Peran pemerintah juga ikut andil dalam menangani masalah ini. Salah satunya  dengan mengeluarkan undang-undang. Undang-undang tersebut berfokus mengenahi pelarangan keras terhadap perburuan penyu. Dengan menindak tegas bagi pelaku yang kedapatan melakukan eksploitasi pada hewan yang dilindungi ini.

wisata edukasi di bali

Selain itu dari lembaga Swadaya Masyarakat juga berusaha melakukan sebuah langkah paling tidak untuk mempertahankan populasi penyu agar tidak punah. Dengan dibantu oleh salah satu organisasi dunia yaitu World Wildlife Fund (WWF) yang bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Akhirnya  sepakat untuk membuat sebuah penangkaran penyu di kawasan Deluang Sari.

Lihat juga objek wisata unik di bali: Pesawat Bengong

Seiring berkembangnya waktu, penangkaran penyu ini pun bertambah fungsi. Yang tadinya hanya sebuah tempat untuk menjaga dan melestarikan populasi penyu kini menjadi tempat wisata yang unik.

Fasilitas Dan Akses Menuju Lokasi

Fasilitas yang disediakan untuk pengunjung penangkaran penyu Deluang Sari ini sudah cukup memadahi. Terdapat rumah makan,toilet, serta tersedia tempat untuk atraksi pertunjukan sejumlah satwa. Di tempat ini juga dilengkapi dengan toko souvenir untuk membeli aneka cinderamata sebagai buah tangan.

Agar sampai menuju lokasi Penangkaran Penyu Deluang Sari perlu menyeberang dari pelabuhan Benoa dengan menyewa perahu atau boat. Wisatawan biasa menggunakan kendaraan berjenis Glass Bottom Boat yang dapat memuat hingga 10 orang. Glass Bottom Boat ini yaitu sebuah perahu bermotor yang terbuat dari kaca.

Keunikan Dan Daya Tarik Penangkaran Penyu Deluang Sari

Penangkaran Penyu Deluang Sari ini memiliki beberapa keunikan dan daya tarik bagi wisatawan. Hal tersebut akan semakin membuat pengunjung harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat ini jika liburan ke Bali. Berikut uraiannya

1. Kawasan Yang Memiliki Sistem Ekologi Yang Utuh

Di sekitar Kawasan Penangkaran Deluang Sari terdapat hutan bakau subur yang dikelola pemerintah. Dengan dihiasi laut yang bersih serta berpasir putih. Ditambah gelombang laut yang tenang dan suasana yang asri. Karena sistem ekologi di sini yang masih utuh maka tempat ini sangat cocok dijadikan tempat penangkaran penyu.

2. Pengunjung Bisa Menyeberang Dengan Jalan Kaki

Yang unik dengan lokasi ini yaitu ketika air laut sedang surut, pengunjung dapat menyeberang ke Deluang Sari hanya dengan jalan kaki. Hal tersebut tentu menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Walaupun begitu, perlu diingat ketika kondisi air laut sedang pasang maka penyeberangan harus dilakukan menggunakan perahu, boat atau jukung.

3. Terdapat Kolam Penampungan Penyu

Di kawasan penangkaran penyu Deluang Sari ini disediakan kolam dan bak-bak penampungan khusus untuk meletakkan berbagai macam penyu laut. Jenis nya bermacam-macam. Mulai dari yang baru menetas  hingga yang sudah dewasa dan sudah tua. Pengunjung pun dapat memegang secara langsung penyu-penyu dalam kolam tersebut.

4. Terdapat Banyak Jenis Penyu

Lokasi Penangkaran Penyu Deluang Sari menangkar dan melindungi berbagai jenis penyu. Diantaranya dari jenis penyu hijau, penyu lekang ,dan penyu sisik. Penyu yang hidup disini juga dari semua usia. Mulai dari yang baru menetas atau biasa disebut tukik. Sampai ada juga penyu yang berumur hingga 70 tahun.

Kunjungi destinasi yang lainnya: Pantai Tanjung Benoa

5. Berinteraksi Langsung Dengan Penyu

Pengunjung pun dapat langsung memegang maupun berfoto dengan penyu-penyu dalam kolam penangkaran. Bahkan wisatawan dapat memberi makan walaupun tetap harus mendapat serangkaian instruksi dari pihak pengelola.

6. Melihat Hewan Lain Selain Penyu

Penangkaran penyu Deluang sari ini, pengunjung selain dapat melihat dan berinteraksi dengan penyu laut dapat juga menyaksikan hewan lain. Seperti beberapa ayam aduan maupun binatang dan burung-burung liar. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati eksotisnya kelelawar besar, ular yang sudah jinak dan iguana dengan ukuran besar.

7. Cocok Sebagai Wisata Keluarga

Di tempat ini telah disediakan fasilitas yang cukup memadai seperti restoran dan rumah makan untuk pengunjung. Juga terdapat toko cindera mata yang diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin membeli buah tangan maupun sebagai kenang-kenangan. Setiap waktu juga diadakan pertunjukan beberapa satwa yang pasti sangat seru.

Jika Anda juga melihat ikan lumba-lumba, kami telah menyediakan: Paket Wisata Lovina Bali

Semua tingkatan usia dapat masuk ke area tempat wisata ini dan tidak butuh persyaratan khusus. Untuk menikmati semua aktivitas juga tidak perlu menguji adrenalin membuat lokasi ini cocok digunakan sebagai wisata keluarga.

Tips Mengunjungi Penangkaran Penyu Deluang Sari

Penyu merupakan satwa yang dilindungi pemerintah. Oleh karena itu ketika berkunjung ke penangkaran penyu Deluang Sari ada baiknya pengunjung dapat ikut menjaga kelestarian hewan ini selain berwisata. Berikut ini tips saat mengunjungi penangkaran penyu Deluang Sari

  • Tidak membuang sampah sembarangan. Sebaiknya pengunjung tidak membuang sampah di sembarang tempat. Baik di laut maupun sekitar area penangkaran demi menjaga kebersihan dan kelestarian tempat wisata. Termasuk puntung rokok yang sering dianggap remeh padahal dapat menyebabkan kebakaran.
  • Tidak membeli souvenir yang bahan bakunya berasal satwa yang dilindungi. Di sekitar lokasi wisata Penangkaran Penyu Deluang Sari terdapat beberapa penjual yang menawarkan souvenir yang bisa dijadikan oleh-oleh. Untuk para pengunjung sebaiknya jangan membeli cinderamata dengan bahan baku satwa yang dilindungi pemerintah.
  • Tidak memegang sembarangan tubuh penyu. Ketika hendak berfoto dengan penyu jangan memegang bagian tangan. Sebaiknya memegang bagian tubuhnya. Dikhawatirkan tangan penyu akan terluka karena cidera.
  • Tidak melempar sembarangan tubuh penyu. Setelah puas berfoto dengan penyu, memegang secara langsung maupun memberi makan sebaiknya berhati-hati saat mengembalikan kembali ke bak penampungan. Jangan sekali-kali melempar tubuh penyu karena dapat melukai tubuhnya.
  • Tidak mengambil penyu atau telur penyu untuk dibawa pulang. Jika saat berjalan-jalan di sekitar area penangkaran menemukan telur maupun anak penyu sebaiknya tidak dibawa pulang. Berikan pada pengawas penangkaran ataupun petugas yang berjaga.
  • Jangan lupa membawa kamera. Saat berkunjung ke tempat wisata ini jangan lupa untuk membawa kamera. Pemandangan sekitar penangkaran sangat sayang untuk tidak diabadikan selain berfoto dengan penyu-penyu yang lucu.

Itulah sedikit ulasan mengenai Penangkaran Penyu Deluang Sari serta tips jika ingin mengunjungi tempat tersebut.  Ingatlah untuk selalu melestarikan satwa asli Indonesia agar tidak punah. Karena satwa juga merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia.