Pura Taman Ayun: Lokasi, Sejarah, Harga Tiket Masuk

//Pura Taman Ayun: Lokasi, Sejarah, Harga Tiket Masuk

Pura Taman Ayun Bali – Kecantikan Pulau Dewata Bali tidak pernah berkurang sepanjang zaman. Ibaratnya setiap detik perubahan di Bali selalu membuat wisatawan berdecak kagum, mulai dari alam, wisata buatan hingga kebudayaan dan religi selalu menarik perhatian publik. Salah satu tempat wisata yang paling popular bahkan sudah menjadi maskot dari Pulau Dewata Bali sendiri adalah Pura Taman Ayun.

Pura ini bahkan mendapat julukan sebagai pura tercantik di Bali. Berlokasi di Badung, Bali menjadikan Pura ini mudah di akses, karena itu tidak heran jika tempat ini ramai di kunjungi wisatawan. Penasaran seperti apa keindahan Pura Taman Ayun ini? simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Sekilas Info Tentang Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun sudah tidak asing lagi para wisatawan. Mulai lokal hingga mancanegara tempat wisata ini selalu menjadi tujuan utama untuk menghabiskan masa liburan. keindahan dan kemegahan dari pura ini tidak dapat diragukan lagi.

Lokasi Tempat Wisata Pura Taman Ayun

Memiliki pura-pura yang unik serta taman yang cantik Pura Taman Ayun ini sempat muncul di acara Around The World in 80 Gardens, keindahannya bahkan di akui oleh masyarakat Internasional. Memiliki nilai sejarah yang tinggi, menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung di tempat  ini.

Sejarah Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun dibangun oleh Raja Mengwi yang bernama I Gusti Agung Putu 1634 M. Di bangun pada bagian Utara Desa Mengwi untuk tempat pemujaan roh-roh leluhur. Seiring berjalannya waktu, pura ini kemudian menjadi paibon atau ibu pura bagi kerajaan Mengwi.

Ketika kerajaan ini kemudian berkembang dan menjadi besar. Sang raja memutuskan untuk memperluaskan taman ini ke arah Timur, lalu memperluas juga bangunan tersebut. Pura ini kemudian diresmikan pada hari Selasa-Medangsia, sampai sekarang setiap hari selasa Kliwon-Medangsia, di pura ini akan diadakan upacara untuk merayakan ulang tahun berdirinya Pura Taman Ayun.

sejarah pura taman ayun

Pura Taman Ayun ini tidak berdiri secara spontan lengkap dengan kemegahannya yang memikat. Faktanya, pura ini bahkan mengalami beberapa kali perbaikan. Pada tahun 1937, pura ini mengalami perbaikan besar-besaran di sekitar pura dan tahun 1949 dilakukan juga perbaikan terhadap Gapura Bentar, Kori Agung dan pembuatan Wantilan yang besar.

Yuk, singgah di tempat wisata: Air Terjun Batu Lantang Bali

Pada Thaun 1972, kembali dilakukan perbaikan untuk ketiga kalinya dan terakhir pada tahun 1976. Hingga saat ini dibalik berdecakan kagum wisatawan dengan keindahan Pura Taman Ayun, ada kerja keras yang masyarakat yang melatarbelakanginya.

Bagian-Bagian Tempat Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun memiliki kompleks yang sangat luas, yakni seluas 100 x 250 m2. Pura ini terdiri dari pelataran luar dan tiga pelataran dalam. Karena itu sebelum berwisata di tempat ini, wisatawan seharusnya mencari tahu apa saja bagian-bagian wisata dari Pura Taman Ayun ini. Nah, untuk mengetahuinya, simak pembahasan berikut

1. Pelataran Luar

Bagian pertama Pura Taman Ayun ialah pelataran luar. Oleh masyarakat sekitar pelataran ini disebut sebagai Jaba. Dari pelataran ini wisatawan akan menemukan sebuah jembatan yang melintasi kolam menuju sebuah gerbang. Gerbang ini merupakan pintu masuk, awal dari perjalanan indah menikmati kemegahan pura taman ayun.

Gerbang ini bukan pintu masuk seperti gerbang umumnya, melainkan memiliki bentuk berupa Gapura Bentar. Didepan gapura ini terdapat arca raksasa, tidak jauh dari sana terdapat juga sebuah bangunan gardu kecil sebagai penjaga.

2. Pelataran Dalam Pertama

Setelah memasuki gerbang, wisatawan sudah berada pada area pelataran dalam pertama. Bagian pelataran ini di belah oleh jalan menuju gapura, melihat ke sisi Barat Daya terdapat sebuah bale bundar umumnya digunakan sebagai tempat istirahat menikmati keindahan pura ini.

Lihat juga : Pantai Gunung Payung

Disamping sisi bale bundar ini, terdapat kolam yang ditumbuhi oleh bunga-bunga teratai, ditengah-tengah kola mini berdirilah sebuah tugu yang memancarkan air ke Sembilan arah mata angin. Melihat ke arah Timur terdapat sekumpulan pura yang kecil, disebut sebagai Pura Luhuring Purnama.

3. Pelataran Dalam Kedua

Melewati pelataran dalam pertama, terdapat gerbang lagi menuju pelataran kedua. Posisi pelataran ini lebih tinggi dari pelataran sebelumnya. Tepat di sebelah gerbang, terdapat sebuah bangunan yang fungsinya sebagai pembatas. Bangunan ini sangat unik, lengkap dengan relief kuno yang menggambarkan ke Sembilan dewa penjaga arah mata angin. Melihat ke sisi Timur wisatawan akan mendapati sebuah pura kecil yang disebut Pura Dalam Bekak. Di bagian Barat terdapat juga Balai Kulkul memiliki atap yang menjulang tinggi.

4. Pelataran Dalam Ketiga

Setelah melewati pelataran dalam kedua, wisatawan akan memasuki area pelataran terdalam, memiliki posisi letak yang paling tinggi dan dianggap sebagai area yang sangat suci. Pintu utama memasuki pelataran ketiga ini sebut sebagai Pintu Gelung terletak tepat ditengah dan hanya dibuka pada saat diselenggarakannya upacara adat maupun keagamaan. Di sisi kiri dan kanan gerbang ini terdapat pintu masuk umum yang biasa digunakan oleh umat beragama Hindu yang melaksanakan ibadah sehari-hari ditempat ini.

5. Tempat Suci

Meskipun dibuka sebagai tempat wisata umum, Pura Taman Ayun ini memiliki batas-batas khusus yang hanya bisa didatangi pengunjung dan hanya untuk umat beragama yang melakukan ibadah. Keindahan taman pura ini sudah cukup membuat wisatawan berdecak kagum. Karena itu mengunjungi sampai batas yang ditentukan saja, wisatawan pasti sudah cukup puas, terlebih dengan pemandangan indahnya.

Kami juga merekomendasikan kepada Anda untuk mengunjungi tempat wisata: Pantai Pererenan Bali

Di bagian paling atas dari Pura Taman Ayun ini disebut sebagai area paling suci, menurut keagamaan Hindu. Di tempat ini terdapat sejumlah Candi, Gedong, Meru yaitu pagoda dengan atap bertingkat-tingkat, Padma Rong Telu, Padmasana dan bangunan keagamaan lainnya.

Harga Tiket Dan Lokasi Pura Taman Ayun

Untuk menikmati keindahan dan kemegahan Pura Taman Ayun ini, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk. Khusus wisatawan lokal akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,- sementara untuk wisatawan asing sebesar Rp 20.000,- tidak ketinggalan, wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir yang hanya berkisar sebesar Rp 2.000,- saja.

harga tiket masuk pura taman ayun

Pura Taman Ayun ini terletak di Jalan Ayodya, Mengwi kabupaten Badung. Untuk mengakses jalan menuju pura ini, wisatawan dapat menggunakan google maps jika ingin mengetahui berapa waktu tempuh dan keadaan jalan, wisatawan dapat menggunakan aplikasi waze.

Sebagai informasi umum, tempat wisata Pura Taman Ayu ini belum memiliki jaringan transportasi yang memadai, karena itu wisatawan disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Anda bisa juga sewa mobil di Bali bersama raskitatour.com. Banyak pilihan mobil dan pelayanan juga baik dan berkualitas.

Daya Tarik Utama Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun ini, tidak hanya memiliki taman yang indah sesuai dengan nama tempat wisatanya ‘Ayun’ yang berarti cantik. Uniknya, pura ini diperkaya dengan arsitektur khas bali, relief-relief yang terbilang langka saat ini. di sekitar pura ini juga terdapat kebun-kebun bunga yang tertata rapi dan sangat terawat.

daya tarik pura taman ayun

Memiliki kolam yang dihiasi dengan bunga teratai yang mengelilingi sekitaran pura tersebut. Karena itu ketika memasuki area ini, pengunjung akan melewati jembatan sebagai penghubung antara pelataran luar dan pelataran dalam.

Bagi wisatawan yang mengunjungi tempat ini diharapkan untuk tetap bersikap sopan dan menjaga kebersihan. Melihat tempat wisatanya yang digunakan sebagai tempat ibadah dan bukan murni sebagai tempat rekreasi, diharapkan untuk menghormati setiap tata cara maupun adat istiadat yang sudah di tetapkan ketika memasuki area Pura Taman Ayun ini yang kami rangkum dalam paket city tour bali 1 hari. dan jangan lupa untuk membawa camera DSLR, untuk mengabadikan moment indah di tempat ini.

By |2019-01-18T03:03:09+07:00January 18th, 2019|Wisata Bali|0 Comments

Leave A Comment

× 08112955064