Beri peringkat untuk posting ini

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal dan populer di Bali. Tempat wisata yang dikelola oleh PT. Alam Sutera Realty Tbk ini mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di kawasan ini, wisatawan bisa menikmati beberapa tempat rekreasi yang disediakan. Selain itu, di tempat ini juga terdapat patung Garuda Wisnu Kencana yang baru saja diresmikan pada tanggal 22 September 2018. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ini juga masuk paket wisata Bali 2 hari 1 malam (2D1N) yang dimiliki oleh raskitatour.com.

Lokasi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Wisata populer di Bali ini berlokasi di Tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Tempat ini berjarak sekitar 40 km di sebelah selatan Kota Denpasar. Jika wisatawan memulai perjalanan dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, maka tempat ini hanya berjarak sekitar 11,5 km.

Penentuan lokasi taman budaya ini membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 2 tahun. Sebelumnya, area ini merupakan lokasi penambangan batu kapur yang berada di bukit ungasan Bali. Proyek taman budaya ini kemudian dibangun pada ketinggian 146 meter diatas permukaan tanah atau sekitar 263 mdpl.

Mengenai Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Perjalanan pembuatan proyek Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana sempat mengalami beberapa kendala. Pada tahun 2013, kepemilikan dari taman budaya ini beralih ke tangan PT Alam Sutera Realty Tbk Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan pengembang properti di Indonesia.

Kendala lain yang sempat terjadi adalah kekurangan dana, terjadinya desain ulang, dan kendala teknis konstruksi. Bahkan, perancang patung Garuda Wisnu Kencana harus melakukan perancangan yang tepat sehingga patung ini mampu bertahan selama 100 tahun ke depan. Oleh karena itu, para pemahat sampai melakukan uji coba perbandingan di terowongan angin Kanada.

Lihat juga objek wisata lainnya:  Taman Satria Gatotkaca

Proyek Garuda Wisnu Kencana ini direncanakan selesai pada bulan September. Hingga pada akhirnya, patung Garuda Wisnu Kencana ini telah diresmikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo bersama ibu negara pada tanggal 22 September 2018 yang lalu. Hal itu dikarenakan Bali akan digunakan sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan IMF – World Bank tahun 2018.

Meskipun belum selesai sepenuhnya, namun Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ini telah berkembang menjadi tempat budaya, pameran seni, acara, dan atraksi berbagai macam hiburan. Selain itu, lokasi ini juga telah digunakan sebagai lokasi forum pertukaran informasi dan komunikasi budaya lokal, nasional, kawasan regional, hingga dunia internasional.

Tempat Rekreasi Di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Dikarenakan wisata ini dibuka untuk masyarakat luas, maka pengelola taman budaya telah menyediakan beberapa tempat rekreasi yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Tempat rekreasi ini nantinya juga akan semakin bertambah seiring dengan banyaknya kunjungan ke wisata ini. Berikut beberapa tempat rekreasi yang sudah bisa dikunjungi dan tersedia di kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana :

1. Wisnu Plaza

Wisnu Plaza merupakan area tanah yang paling tinggi di kawasan taman budaya ini. Tempat ini juga merupakan kawasan yang penting di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana karena menjadi tempat berdirinya Patung Wisnu. Letak Patung Wisnu yaitu berada di titik pusat Wisnu Plaza yang dikelilingi oleh sumur dan air mancur.

Selain itu, terdapat Parahyangan Somaka Giri yaitu tempat air berada yang ditempatkan di sebelah Patung Wisnu. Masyarakat daerah juga percaya bahwa tempat tersebut memiliki kekuatan magis untuk menyembuhkan penyakit dan meminta hujan pada dewa ketika musim kemarau. Karena letaknya yang berada di atas bukit itulah, masyarakat percaya bahwa air tersebut adalah air suci.

Tempat ini juga biasa digunakan sebagai tempat pementasan atraksi seni dan budaya tradisional Bali pada hari-hari tertentu dan hari perayaan agama. Kemudian, para wisatawan juga bisa menikmati sensasi melihat pemandangan alam sekitar GWK yang sangat indah dari atas ketinggian.

2. Street Theater

Street theater merupakan lokasi awal dan akhir kunjungan di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Di tempat ini wisatawan bisa menemukan banyak toko souvenir dan restauran makan dalam satu lokasi. Sehingga, wisatawan bisa menikmati sensasi berbelanja souvenir dan makan sambil menikmati pertunjukan seperti barong, rindik, dan parade.

Wisatawan bisa mendapatkan berbagai macam souvenir Bali di Souvenir Shop dan Bali Art Market. Selain itu, berbagai macam makanan dengan harga yang cukup terjangkau juga bisa dicicipi disini. Bahkan, di tempat ini wisatawan juga bisa menikmati kenyamanan spa dan juga pijat refleksi.

3. Lotus Pond

Lotus Pond merupakan area outdoor terbesar yang berada di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ini. Lokasi ini biasanya digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara besar yang membutuhkan kapasitas orang yang banyak. Beberapa acara yang telah terselenggarakan adalah acara skala lokal, regional, bahkan internasional.

Luas area lotus pond yaitu mencapai sekitar lebih dari 4.000 meter persegi yang mampu menampung pengunjung sebanyak 7.000 orang. Hal yang membuat tempat ini menarik adalah adanya Patung Garuda Wisnu Kencana di bagian belakang tempat ini.

Datang juga ke objek wisata pantai di Bali: Pantai Dreamland

Hal menarik lainnya yaitu sisi kanan dan kiri kawasan lotus pond dibatasi dengan pilar alami yang berasal dari batuan kapur. Sehingga, hal tersebut menambah kesan eksotis pada ruang patung Lotus Pond Garuda tersebut.

4. Indraloka Garden

Tempat rekreasi indraloka garden menawarkan keindahan pemandangan seperti di taman Peninsula Island Nusa Dua. Dari taman ini, wisatawan bisa menikmati hamparan keindahan pemandangan Pulau Bali dari atas, termasuk pemandangan pantainya.

Taman ini merupakan salah satu tempat favorit di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana yang dikunjungi oleh wisatawan. Biasanya wisatawan sering menggunakan tempat ini untuk mengadakan pesta kecil, bahkan resepsi pernikahan.

5. Amphitheatre

Sama halnya dengan lotus pond, tempat rekreasi ini juga berada di luar ruangan. Lokasi ini biasanya digunakan untuk pertunjukkan khusus menggunakan akustik yang telah dirancang dengan baik.

Di tempat ini, wisatawan bisa merasakan sensasi menonton pertunjukkan tari kecak gratis yaitu sekitar pukul 18.30 hingga 19.30 WITA. Hal lain yang membuat tempat ini menarik adalah pertunjukkan tari kecak biasanya dipadukan dengan tarian daerah lainnya.

6. Tirta Agung

Tirta Agung juga merupakan kawasan outdoor di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Lokasi ini biasanya dijadikan sebagai tempat terselenggaranya acara menengah. Di tempat ini, wisatawan juga bisa mengunjungi patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari Patung Garuda Wisnu Kencana yang terletak di dekatnya.

Jam Buka Dan Harga Tiket Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana beroperasi mulai pukul 08.00 hingga pukul 22.00 WITA. Wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat ini harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket taman budaya ini juga berbeda sesuai dengan hari kunjung wisatawan. Wisatawan dewasa dan anak-anak memiliki juga memiliki harga yang berbeda.

Jika wisatawan berkunjung pada hari Senin hingga Jum’at, maka wisatawan dewasa harus membayar tiket sebesar 70.000 rupiah dan wisatawan anak-anak harus membayar tiket sebesar 60.000 rupiah. Namun jika wisatawan berkunjung pada hari Sabtu dan Minggu, maka wisatawan dewasa perlu membayar sebesar 80.000 rupiah dan wisatawan anak-anak membayar 70.000 rupiah.

Itulah beberapa ulasan mengenai sensasi berwisata di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Tempat wisata ini bisa digunakan sebagai tambahan referensi wisata Anda ketika berkunjung ke Pulau Bali. Namun, sebelum itu jangan lupa untuk menyiapkan berbagai macam persiapan termasuk persiapan finansial.