Rate this post

Bali memang terkenal akan wisata alam yang sangat indah nan menawan. Kabupaten yang banyak memiliki wisata nan indah salah satunya yaitu kabupaten Badung. Selain Pantai Kuta, Pantai Dreamland, maupun Nusa Dua, Kabupaten Badung ini memiliki wisata buatan yang tidak kalah mempesona dan terbilang memiliki daya tarik wisatawan yang tinggi. Salah satunya yaitu wisata taman satria Gatotkaca. Untuk informasi lebih lanjut simak informasi berikut ini!

Asal Mula Taman Satria Gatot Kaca Bali

Pada awalnya taman yang terdapat patung gatot kaca ini dibangun untuk menambah kesan cantik dari area sekitar bandara. Seiring berjalannya waktu, area tersebut diubah menjadi kawasan wisata buatan yang bertujuan untuk perkenalan awal kepada wisatawan yang berada di Bali. Dengan adanya taman satria Gatotkaca yang identik dengan patung tersebut menjadi sebuah sarana untuk mengenalkan Bali dengan berbagai keindahan yang dimiliki termasuk juga keindahan karya seninya.

Patung gatot kaca tersebut dibuat oleh seorang seniman patung yang sangat terkenal di Bali asal ubud yaitu I Wayan Winten. Diresmikan pada oktober 1993 oleh gubernur Bali yang bernama Prof. Ida bagus Oka. Pada saat itulah, patung gatotkaca mulai dikenal dan banyak orang yang lain berdatangan untuk melihat patung ciri khas Bali tersebut.

Taman Satria Gatotkaca ini biasa disebut sebagai taman atung kuda. Hal ini karena dalam sebuah taman tersebut terdapat enam ekor kuda yang menarik sebuah kereta yang sedang berperang. Patung tersebut menceritakan sebuah peperangan antara pangeran gatotkaca dengan adipati karena atau raja angga dalam pewayangan Mahabarata.

Dalam patung tersebut menceritakan bahwa raden Gatotkaca menyerang Adipati dengan senjata gandanya yang berasal dari angkasa. Sedangkan adipati karena juga membalas serangan tersebut dengan senjata panahnya dari keretanya. Dari kereta tersebut yang menjadi kusirnya yaitu raja salnya.

Lokasi dan Akses Taman Satria Gatotkaca

Taman Satria Gatotkaca ini berada disebelah kiri dari pertigaan jalan menuju jalan raya Tuban dan juga tol Bali Mandara. Taman ini sangat mudah untuk di jangkau karena sangat dekat dari bandara Ngurah Rai. Hanya berjarak kurang lebih 400 meter, taman ini bisa di jangkau saat menuju maupun meninggalkan bandara Ngurah Rai tersebut.

Akses menuju taman Satria Gatotkaca ini sangat terbilang mudah. Ketika ingin berkunjung ke taman Satria Gatotkaca ini hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 18 km dari kota Denpasar. Melalui jalan Imam Bonjol laju kendaraan lurus ke arah Kuta sampai berada pada perempatan dan belok kiri menuju jalan Sunset Road.

Saat berada di persimpangan jalan patung Dewa yang berbelitkan naga, belok kearah selatan dan lurus dan belok kanan saat melewati lampu lalu lintas yang kedua dari arah tersebut. Ketika dari bandara Ngurah Rai hanya memerlukan kurang dari 5 menit dengan menggunakan kendaraan sepeda motor. Selain menggunakan motor untuk menemani perjalanan anda di Bali dan sekitarnya bisa sewa mobil bali agar mudah dan aman.

Apa Yang Menarik Dari Taman Satria Gatot Kaca Ini?

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali bisanya akan melihat kemegahan patung yang menjadi ciri khas dari taman Satria Gatotkaca ini. selain itu, ada hal lain yang menjadikan daya tarik dari taman satria Gatotkaca tersebut, antara lain:

1. Patung Yang Megah Nan Gagah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat berada di taman satria Gatotkaca ini, anda bisa menyaksikan sebuah patung yang megah dan gagah. Patung tersebut menjadi simbolis bahwa Gatotkaca gugur namun tetap mencerminkan sebuah pahlawan yang teguh dalam membela tanah airnya. Patung ini sangat mencolok dengan ukuran yang besar.

2. Pesan Utama Dari Tokoh Gatotkaca Yang Menjadi Icon Dari Taman

Hal lain yang menarik ketika berada di taman ini yaitu terdapat sebuah pesan utama yang terdapat pada perang Bratayudha yang dilukiskan oleh patung yang ada. Pesan yang ada tersebut yaitu pesan kesatria dan juga pantang mundur untuk menegakkan sebuah kebaikan.

3. Mampu Memberikan Sebuah Perlindungan

Adanya patung Satria Gatotkaca ini dipercaya oleh masyarakat sekitar mampu memberikan sebuah perlindungan spiritual dan juga keamanan bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke taman ini. seperti halnya perlindungan dari tokoh Gatotkaca yang melindungi tanah air badung tersebut.

4. Keselarasan Tradisi

Meskipun banyak wisatawan yang berdatangan, namun ketika berwisata di taman ini keselarasan budaya dan juga tradisi sangat terjaga dengan baik. Hal ini akan menjadi sebuah kesan yang menyenangkan bagi para wisatawan dan juga memberi ciri khas dari wisata buatan yang ada di badung tersebut.

5. Taman Asri Dan Rapi

Taman sekitar patung Gatotkaca tersebut sangat indah dan tersusun sangat rapi. Dengan dikelilingi berbagai bunga aneka warna dan juga terbilang banyak menjadikan kesejukan tersendiri ketika wisatawan datang ke tempat ini.

6. Kolam Air Mancur Yang Menyegarkan

Udara di Bali terbilang panas, hal ini akan menjadikan suasana yang segar ketika terdapat kolam air mancur yang bisa dinikmati.

7. Warna Patung Yang Putih Bersih

Patung kuda yang berada di taman satria Gatotkaca ini terbilang besar dan memiliki bentuk lekuk yang sangat indah. Warna yang ada pada atung tersebut putih bersih dan dalam gambar akan terlihat bersinar. Yang lebih menarik lagi, warna putih pada patung tersebut selalu bersih dan cukup terawat. Terlebih ketika warna lampu saat malam hari, patung Gatotkaca ini akan semakin cantik dan mempesona.

Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Berada Di Taman Satria Gatotkaca

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika berada di taman Satria Gatotkaca ini. hal yang menjadi beberapa aktivitas dan kegiatan tersebut menjadikan sebuah hal yang tidak akan membuat wisatawan bosan berada di taman tersebut, antar lain:

1. Bersantai Menikmati Suasana Kota Badung Bali

Meskipun saat berada di taman satria Gatotkaca ini cukup ramai karena berada di dekat jalan raya, namun wisata buatan yang satu ini terbilang cukup nyaman untuk dikunjungi. Banyak orang yang duduk bersantai baik bersama pasangan, keluarga maupun teman. Hal ini karena tempat tersebut sangat mendukung untuk digunakan bersantai, terlebih saat sore menjelang malam hari.

2. Belajar Sejarah

Berkunjung ke taman ini bisa menjadi sarana untuk belajar sebuah sejarah. Terlebih sejarah akan seorang kesatria yang sakti mandraguna yang rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk menumpas kejahatan dan juga ketidakadilan. Hal tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi wisatawan yang datang.

3. Menikmati Jagung Bakar Dengan Sajian Pemandangan Yang Ada

Ketika mengunjungi taman ini pada sore hari, tersedia pedagang yang menjual jagung bakar. Ha ini akan lebih mengasyikkan ketika berkunjung pada sore hari. Suasana dan kenikmatan jagung bakar akan lebih membuat wisatawan betah di taman ini.

Ada beberapa tempat yang bisa dilihat saat berada di taman Satria Gatotkaca ini, seperti: Bandara Internasional Ngurah Rai, Discovery shopping mall, dan juga Pantai kuta yang terkenal. Hal tersebut bisa menjadi tujuan destinasi selain mengunjungi taman ini. Untuk berkeliling ke semua tempat di Bali agar lebih nyaman dan aman serta murah bisa menggunakan jasa tour and travel dengan memilih paket wisata bali 2 hari 1 malam yang dimiliki oleh raskitatour.com.

Wisata taman satria Gatotkaca ini memang memiliki pesona dan keindahan yang sangat menarik. Akan disayangkan ketika ada wisatawan yang mengunjungi Bali namun tidak menyempatkan untuk datang ke tempat ini. Terlebih fasilitas yang ada di taman ini terbilang lengkap seperti tersedianya area parkir, kamar mandi, penginapan dan yang lainnya.